97 Mahasiswa KKNR UNY Ditarik Kembali ke Kampus Usai 2 Bulan Pengabdian di Sendangsari

26 September 2024
Admin
Dibaca 18 Kali
97 Mahasiswa KKNR UNY Ditarik Kembali ke Kampus Usai 2 Bulan Pengabdian di Sendangsari

(SENDANGSARI)—Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) di Kalurahan Sendangsari, Pengasih, secara resmi berakhir dengan upacara penarikan yang digelar pada Rabu (25/9). Acara ini menandai berakhirnya kegiatan selama 68 hari yang telah diisi dengan berbagai program pemberdayaan masyarakat.

Acara penarikan ini dihadiri oleh perangkat desa, dosen pembimbing lapangan (DPL) UNY, serta para mahasiswa peserta KKN se-Kalurahan Sendangsari yang berjumlah 97 orang.

Dalam sambutannya, Lurah Sendangsari, Suhardi, menyampaikan apresiasi   tinggi atas kontribusi para mahasiswa di padukuhan. “Kami mengucapkan banyak terima kasih atas dedikasi para mahasiswa KKN selama ini. Kehadiran KKN di Sendangsari sangat membantu dalam mendorong pembangunan desa terutama aspek pendidikan, lingkungan, dan sosial kemasyarakatan.” ujarnya.

Beberapa program unggulan yang diselenggarakan oleh mahasiswa KKN UNY di Kalurahan Sendangsari adalah sosialisasi penggunaan pupuk organik, pelatihan pembuatan pupuk kompos, pemasangan plang nama jalan dan plang perangkat, pendampingan TPA, PAUD, dan Posyandu. Selain itu, sebagai bentuk kepedulian dan dukungan terhadap usaha kecil, mereka juga memberikan pendampingan kepada kelompok usaha kecil dan menengah (UMKM) dalam pelatihan pembuatan produk dan pemasaran produk melalui platform digital.

Sementara itu, perwakilan Ketua Kelompok KKN UNY, Muhammad Hidayatullah, berharap bahwa program kerja yang sudah terlaksana dapat bermanfaat bagi masyarakat. ”Kami harap ilmu dan proker yang kami berikan dapat bermanfaat dalam jangka panjang. Kami mengucapan banyak terima kasih karena telah diterima dengan luar biasa baik dan berkesan.” ungkat Hidayat.

Acara penarikan KKN UNY diakhiri dengan pemberian Plakat kepada lurah serta foto bersama.(ipg)