Kesenian

31 Desember 2020
Admin
Dibaca 100 Kali

Kesenian

Kesenian adalah karya seni yang melibatkan aksi individu atau kelompok di tempat dan waktu tertentu. performance biasanya melibatkan empat unsur: waktu, ruang, tubuh si seniman dan hubungan seniman dengan penonton.

Kegiatan seni pertunjukan merupakan bagian dari kegiatan rutin masyarakat dalam rangka mengekspresikan bahasa, sastra dan aksara Jawa.

---

Kethoprak

Kethoprak merupakan jenis pertunjukan rakyat yang memiliki gabungan unsur- unsur tari, karawitan dagelan tembang, tata arstistik dan peran yang di kolaborasikan untuk memainkan sebuah lakon atau peran.

Organisasi Terkait

  • Kethoprak Langen Wiromo
  • Kethoprak Rumpun Muda

---

Gejog Lesung

 

Gejog lesung merupakan salah satu kesenian di Kulon Progo yang belum diketahui masa kemunculannya. Kesenian ini berkembang di lingkungan masyarakat agraris sebagai ungkapan rasa syukur atas hasil panen yang melimpah. Kesenian yang berasal dari suara alu dan lesung (alat dari kayu yang digunakan untuk memisahkan padi dari tangkainya) yang dipukulkan secara berirama ini menghasilkan keselarasan bunyi dan ritme yang menarik.

---

Panjidur

Kesenian tradisional ini berdiri sekitar tahun 1948 yang diprakarsai oleh Sastrodiwiryo. Panjidur merupakan tarian yang awalnya adalah kumpulan ragam gerak yang sederhana, tanpa hiasan-hiasan ragam gerak yang rumit, diulang ulang dan miskin pola lantai. Iringan musik yang sederhana dengan lantunan syair atau singir yang berisikan kiasan-kiasan tentang nilai-nilai agama Islam, nilai-nilai moral serta petunjuk dan ajakan untuk hidup ke arah yang lebih baik. Semenjak tahun 1960an, aktivitas kesenian tradisional ini sempat berhenti hingga tahun 1970an, dikarenakan situasi politik di Indonesia. Kemudian setelah tahun 1975an kesenian ini kembali hidup dengan gairah yang baru.

Kesenian tradisional yang berwujud tarian ini awalnya berfungsi sebagai sarana dakwah. Petuah petuah yang ada di dalarm syair atau singir lagu- lagunya mengajak orang untuk hidup lebih baik sesuai dengan tuntunan agama Islam.

Organisasi terkait

  • Remaja Budaya

---

Jathilan

Jathilan merupakan seni tari yang diiringi oleh musik gamelan. Properti yang digunakan dalam seni tari ini yaitu berasal dari anyaman bambu yang dianyam sedemikian rupa sehingga membentuk kuda Kesenian ini dilakukan secara berkelompok dan para penari akan menari dengan gerakan yang sama mengikuti aliran musik gamelan.

Organisasi Terkait

  • Jatilan Panji Semirang
  • Jatilan Gegunung
  • Jatilan Girinyono
  • Jathilan Bekso Mudho Budoyo Klegen

---

Incling

Incling adalah kesenian Jathilan yang menggunakan iringan musik krumpyung. Krumpyung sendiri merupakan musik tradisi khas daerah Sendangsari yang terbuat dari bambu menyerupai angklung.

Secara substansial tidak berbeda dengan jathilan pada umumnya di Div Hanya saja incling di Sendangsari ini memiliki beberapa keunikan yang tidak dimiliki jathilan lain di wilayah DIY Salah satu keunikan tersebut terdapat pada busana penari dan instrumen pengiring Busana lebih banyak dipengaruhi oleh busana opsir Belanda ketika menjajah Indonesia Irah irahan atau pet di kepala seperti desain topi tanpa tutup ditambah dengan lancur atau bulu 97 bulu. Untuk instrumen lebih banyak menggunakan angklung.

Sejarah Incling menggambarkan peperangan antara Keraton Bantar Angin dan Keraton Kediri, mula-mula Keraton Bantar Angin mengutus Patih Singo Barong untuk melamar dan meminta Putri Galuh Condro Kirono sebagai gantinya Dewi Killi Suci yang akan diperistri oleh Prabu Klono Sewandono sehingga terjadi peperangan, dan dimenangkan oleh pihak Keraton Kediri, kisah ini mengacu pada cerita (Babat Panji).

Organisasi Terkait

  • Incling Girinyono

--- 

Sholawatan

Sholawatan atau shalawat berasal dari bahasa Arab yang berarti suatu pujian kepada Nabi Muhammad SAW. Pembacaan Shalawat merupakan bukti kecintaan kepada Nabi Muhammad dan sebagai pembentuk pengharapan agar mendapatkan Syafa'atnya di akhirat nanti.

Organisasi terkait

  • Sholawatan daerah Paingan
  • Sholawatan daerah Girinyono
  • Sholawatan daerah Secang
  • Sholawatan Mrunggi

---

Wayang Kulit

Kesenian wayang kulit dimainkan oleh seorang dalang yang menjadi pengatur jalannya cerita wayang sekaligus menjadi narator tokoh wayang tersebut. Wayang kulit diiringi musik gamelan dan tembang yang dinyanyikan oleh para sinden.

Secara umum naskah yang diambil untuk pertunjukan wayang kulit adalah naskah Mahabarata dan Ramayana. Dalang juga bisa membawakan cerita punokawan maupun kisah-kisah rohani yang berisi wejangan dan tauladan

--- 

Hadroh

Hadroh merupakan kesenian khas islami. Secara historis kesenian ini sudah ada sejak zaman Nabi Muhammad SAW. Hadrah atau yang biasa disebut rebana atau terbangan merupakan jenis alat musik tradisional yang digunakan untuk mengiringi shalawat.

 

--- 

Campursari

Campursari merupakan kesenian musik yang berasal dari gabungan musik tradisional jawa dan musik moderen seperti gitar, keyboard, dan bas. Musik campur sari muncul pada akhir tahun 80-am dan mulai berjaya pada tahun 90-an dan awal tahum 2000. Sampai saat ini campursari terus dilestarikan di Sendangsari.

--- 

Karawitan

Karawitan merupakan seni gamelan dan seni tembang yang bertangga nada slendro dan pelog. Karawitan berasal dari kata "rawit" yang memiliki arti halus dan lembut. Karawitan berarti kelembutan perasaan yang terdapat dalam seni gamelan.

 

--- 

Bergada

Bergada merupakan seni keprajuritan. Bergada dalam bahasa Indonesia berarti suatu pasukan. Merupaka sekelompok prajurit atau pasukan tradisional yang biasanya ikut serta dalam upacara-upacara adat, pertunjukan budaya, atau peringatan-peringatan penting.