Pelatihan Branding, Memperkuat Identitas Produk

06 Januari 2024
Administrator
Dibaca 156 Kali

SENDANGSARI -- Branding merupakan suatu hal yang perlu dilakukan oleh bisnis. Branding adalah karakteristik, simbol, ataupun istilah dari sebuah produk maupun jasa yang bisa dijadikan sebagai pembeda dengan yang lainnya.

Pada Sabtu (6/1/24) Ika, Selma, dan Anin dari KKN 84 Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Kelompok 81 Padukuhan Klegen menjalankan program kerja individu dengan materi Branding dan bertempat di rumah Dukuh Klegen. 

Pemilihan materi strategi branding untuk bisnis dilakukan karena mahasiswa KKN memiliki latar belakang bidang manajemen pemasaran, sehingga materi ini menarik untuk disebarkan kepada UMKM di padukuhan Klegen.

Strategi branding untuk bisnis penting untuk dilakukan oleh bisnis karena dapat memperkuat identitas bisnis, meningkatkan nilai merek, memperkenalkan bisnis ke masyarakat luas, mendorong keputusan pembelian, membangun kepercayaan konsumen, dan meningkatkan kesetiaan pelanggan.

Bisnis perlu menciptakan suatu branding yang dapat diingat oleh masyarakat karena branding dapat menjadi identitas dan pembeda dari kompetitor, memberikan daya tarik bagi bisnis, dan membangun loyalitas bagi produk atau bisnis.

"Membangun branding dapat dilakukan dengan dengan cara-cara sederhana, seperti menciptakan logo yang menarik, membuat kemasan yang unik dan menarik, aktif berinteraksi di media sosial, dan melakukan iklan atau pameran." tutur Ika. 

"Media sosial merupakan salah satu platform yang dapat dipergunakan oleh bisnis dalam membangun branding, seperti menggunakan Instagram, Facebook, dan Tik Tok." ungkapnya. 

Peserta Sasaran dalam kegiatan sosialisasi strategi branding untuk bisnis adalah UMKM di Padukuhan Klegen, Ibu-Ibu PKK, dan Ibu-Ibu KWT (Kelompok Wanita Tani).

"Tujuan dari sosialisasi strategi branding untuk bisnis yaitu untuk menambah wawasan masyarakat dan pemilik UMKM di Padukuhan Klegen ini. Peran penting branding dalam membangun citra positif dan mengenalkan identitas unik produk. Selain itu juga meningkatkan kesadaran akan keuntungan strategis yang dapat diperoleh dari penerapan strategi branding yang efektif dalam mengembangkan UMKM." pungkasnya. 

Harapan dari sosialisasi strategi branding untuk bisnis kepada pelaku usaha dapat membantu UMKM Padukuhan Klegen lebih mengerti dan memahami mengenai branding usaha, dan UMKM dapat memiliki atau membangun branding usaha sehingga lebih dikenal oleh masyarakat luas. (Ika/ipg)ÂÂ