Dalam rangka Menumbuhkan dan Mengembangkan kemampuan UMKM, Pemkal Sendangsari adakan Pembinaan.

21 Maret 2023
Administrator
Dibaca 51 Kali

SENDANGSARI-Menindaklanjuti Pembinaan Pelaku Usaha. Pemkal Sendangsari mengadakan pembinaan pelaku usaha dari Dinas Koperasi dan UMKM untuk yang ke-dua kalinya. Oleh saudara Rosyid Kusuma Yuda, seorang konsultan Plut KUMKM Diskop UKM DIY. Pada Selasa, 21 Maret 2023. Pembinaan ini berlangsung di Aula Balai Desa Sendangsari. Dengan dihadiri 33 pelaku usaha yang berasal dari kalurahan Sendangsari sendiri. Pembinaan ini tak lain tak bukan demi kemajuan UMKM di wilayah kalurahan Sendangsari.

Hal penting yang disampaikan dalam pembinaan ini, menyangkut foto katalog produk dan juga tim marketing atau penjualan. Pada dasarnya, sebuah iklan produk akan menarik konsumen apabila gambar dan keterangannya berkualitas. Untuk membuahkan hasil berkualitas maka dibutuhkan tim marketing digital yang di antaranya adalah Creator yang khusus menangani foto dan video.

Di samping itu juga di butuhkan Trafic Maker atau dalam Bahasa Indonesia disebut dengan lalu lintas orang dalam mengunjungi website. Hal ini sangat berpengaruh untuk mempopulerkan produk kita. Seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat tentunya kita dapat mengikutinya dengan mempromosikan produk kita melewati website atau sosial media.

Untuk yang selanjutnya yakni memberikan fasilitas delivery. Yang melayani yang mengantarkan. Tak hanya kalangan anak muda yang mungkin sebagian besar memilih untuk memesan suatu produk melalui layanan online. Hal ini sangat memudahkan konsumen, tidak perlu berkendara keluar rumah, cukup tunggu depan pintu saja pesanan sudah sampai.

Sebuah usaha tidak lepas dari finance atau keuangan. Berhubungan dengan dunia periklanan, iklan dibagii menjadi 2 yakni iklan organic dan budget. Dimana iklan organic tidak membutuhkan dana, hanya saja effort, waktu, dan produk. Sedangkan untuk iklan budget sendiri memerlukan dana untuk di keluarkan. Iklan meliputi 3 hal, yakni Edukasi,Penjualan, dan Informasi.

Tak hanya materi saja yang diberikan dalam pembinaan ini. Dinas Koprasi ini juga memberikan fasilitas pelayanan pendaftaran sertifikasi Halal dan juga NIB (Nomor Induk Berusaha). Dan rencananya pembinaan ini tak berhenti sampai disini saja. Masih akan ada 2 kali pertemuan lagi untuk mengandeng pelaku usaha di kalurahan Sendangsari untuk mencapai usaha yang tanguh dan mandiri. (IDI)