Semar Bodronoyo Tampil Menjadi Ikon Dalam Grebeg Sampah Kalurahan Sendangsari

25 September 2022
Administrator
Dibaca 88 Kali

Sendangsari (25/9/2022), Kalurahan  Sendangsari melengkapi acara gropyok sampah pada Senin (19/9/2022) dengan mengadakan Grebeg Sampah yang dilaksanakan pada Sabtu (24/9/2022) berbarengan dengan acara Kirab Budaya dalam rangka Hari Jadi Kalurahan Sendangsari dan Merti Desa.

Dengan rute dari Kompleks Pasar Hewan Terpadu menuju ke Lapangan Serang,"Semar Bodronoyo" dan gunungan Ecobrick diarak oleh para penggiat lingkungan yang merupakan pengurus bank sampah dari se Sendangsari  yang berjumlah sekitar 35 orang. 

Yang unik dari acara Grebeg Sampah ini adalah pembuatan "Semar Bodronoyo" dengan bahan dasar sendal jepit bekas. Sendal-sendal tersebut disusun dan ditata sedemikian rupa sehingga menyerupai tokoh wayang "Semar Bodronoyo". Banyaknya sandal yang dibutuhkan dalam pembuatan  Semar ada sekitar 300 buah. Sandal-sandal tersebut diperoleh dari pengurus bank sampah yang ada di Sendangsari.

"Dipilihnya  Semar adalah karena Semar merupakan sosok yang berwibawa dengan semua sifat baik yang dimiliki, serta banyak petuah dari Semar yang dapat menjadi pegangan hidup manusia." ucap Febriyanti yang merupakan ketua Asosiasi Bank Sampah Pengasih.

Selain Semar, ikut diarak ecobrik sebanyak 150 buah yang disusun membentuk gunungan. Peserta kirab juga membawa berbagai macam kerajinan dari sampah seperti  tas, keranjang belanja dan caping dari kardus bekas.

"Dari Grebeg Sampah ini diharapkan dapat mengedukasi warga masyarakat bahwa sampah itu jika dikelola dapat menghasilkan barang-barang yang bermanfaat." pungkas Febriyanti.

 

 

Â