Kirab Gunungan dan Tumpeng, Warnai Kirab Budaya Hari Jadi Kalurahan Sendangsari

25 September 2022
Administrator
Dibaca 43 Kali

Sendangsari (25/9/2022). Kirab Budaya dalam rangka Hari Jadi Sendangsari ke 75, dirayakan dengan cukup meriah (24/9). Selain mendapatkan antusiasme dari ratusan masyarakat untuk menyaksikan secara langsung, Kirab Budaya ini diwarnai dengan potensi yang ditampilkan oleh tiap – tiap pedukuhan, dengan membawa gunungan yang dari berbagai macam hasil bumi, serta tumpeng, yang diusung oleh sejumlah warga dari masing – masing padukuhan.

Start awal dipusatkan di Pasar HewanTerpadu Pengasih, diawali dengan penampilan drumband dari SD MUH Girinyono. Arak – arakan ini dilanjutkan dengan kirab dari bregodo Kalurahan Sendangsari, membawa gunungan yang terbuat dari berbagai macam hasil bumi serta tumpeng dan ingkung.

Kirab pun dilanjutkan dengan kontingen dari Padukuhan Girinyono dengan menampilkan kesenian Incling. Selanjutnya dari Padukuhan Paingan yang menampilkan kesenian tradisional berupa Jathilan, kemudian disusul oleh arak – arakan dari Padukuhan Secang dengan menampilkan bregodo dan Hadroh.  Sedangkan untuk Pedukuhan Mrunggi menyajikan kesenian Gejog Lesung dan Tari yang dibawakan anak-anak, Padukuhan Gegunung menampilkan sejarah Pangeran Diponegoro, Padukuhan Klegen menyajikan kesenian Ramayana, Padukuhan Serang menampilkan kesenian Panjidur putri,, Padukuhan Pereng menampilkan Bregodo dan arak-arakan warga dari berbagai elemen, sedangkan Padukuhan Blubuk menampilkan kesenian Panjidur.

Kirab  Budaya ini juga diapresiasi oleh Pemerintah Kalurahan dengan pemberian piala untuk 3 (tiga) penampilan terbaik yang akan dinilai oleh tim juri independen. Sedangkan display dan penilaian ditempatkan di sebelah timur Balai Benih Ikan (BBI).

Setelah display, arak-arakan kirab warga padukuhan memasuki Lapangan Serang dan melakukan display kembali untuk ditampilkan kepada para undangan.

Setelah itu acara dilanjutkan Gelar Wilujengan yang diikuti oleh Lurah dan pamong serta Kaum Rois Padukuhan Mrunggi.

Di akhir acara diumumkan oleh Kamituwa, hasil penilaian 3 (tiga) terbaik kontingen kirab dari padukuhan. Terbaik 1 (satu) dari Padukuhan Blubuk, Terbaik 2 (dua) dari Padukuhan Mrunggi dan Terbaik 3 (tiga) dari Padukuhan Klegen.(ipg)