Gelar Potensi di Bendung Kamijoro, Kalurahan Budaya Sendangsari Menampilkan Kesenian dan Hasil UMKM

03 November 2022
Administrator
Dibaca 48 Kali

Sendangsari (3/11). Kalurahan Budaya Sendangsari ikut serta dalam lomba Gelar Potensi yang diadakan oleh Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) DIY berlokasi di Bendung Kamijoro Kalurahan Sukorejo Kapanewon Sentolo Kabupaten Kulon Progo pada tanggal 2-3 Nopember 2022.

Untuk kesenian budayanya Kalurahan Budaya Sendangsari mempersembahkan “Upacara Adat Kutukan” sebagai salah satu indikator yang dinilai. Upacara Adat Kutukan merupakan kegiatan adat tradisi yang masih rutin dilaksanakan setiap tahun dan dilestarikan oleh masyarakat Padukuhan Blubuk, Sendangsari.

Dari segi indikator penilaian stand, Kalurahan Budaya Sendangsari menyajikan produk unggulan Global Gotong Royong Tetrapreneur (G2RT) berupa Keripik Telang dan Teh Tubruk, produk-produk olahan Kelompok Wanita Tani (KWT) seperti Keripik Kenikir, Keripik Seledri, Peyek, telur ayam KUB dll.

Selain itu juga ada Beras Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Sendang Lestari yang menanam padi varietas Menor, serta hasil kerajinan sabut kelapa dan wayang.

Penilaian tidak hanya dari kesenian dan stand akan tetapi dari kostum dan penerapan Bahasa Jawa.

Salah satu pemandu stand, Puji Lestari, sekaligus menjadi pengurus Kalurahan Budaya, mengungkapkan bahwa penggunaan Bahasa Jawa selama menjaga stand menjadi salah satu penilaian bagi Tim Juri.

“Kalurahan Budaya Sendangsari diharapkan bisa nguri-uri penggunaan bahasa jawa, dengan memberikan ajakan kepada kaum milineal terutama, agar tetap fasih berbahasa jawa”. tuturnya.

“Tim Juri juga terkesan dengan olahan unggulan yang dari Telang, kemasan sudah bagus dan rasa sudah mantap. Hal ini tentu menjadi penyemangat kami untuk bisa meningkatkan kualitas produk”. tambahnya.(IPG)