Sosialisasi bagi Pengelola Proyek Prioritas Nasional

15 Oktober 2020
Administrator
Dibaca 45 Kali

Sendangsari-Kamis (15-10-2020). Kader IMP Sendangsari bersama kader IMP, KPM dan PLKB se Kulon Progo mengikuti sosialisasi bagi pengelola Proyek Prioritas Nasional di Gedung Raos Jl. Parangtritis Yogyakarta, Kamis,  15 Oktober 2020. Sosialisasi merupakan PN 1000 HPK dalam pencegahan dan penanggulangan stunting yang diselenggarakan oleh BKKBN perwakilan Provinsi DI.Yogyakarta.

Kepala Dinas PMD Dalduk dan KB, Sudarmanto, S.IP., M.Si.  menyampaikan kegiatan ini akan menjadi tambahan motivasi, pengetahuan dan pengalaman dalam pencegahan dan penanganan stunting. Upaya penanggulangan dilaksanakan multi sektor,mulai dari tingkat Kalurahan, Pemerintah Kabupaten, Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat.

Perwakilan BKKBN Provinsi resmi membuka sosialisasi dengan menyampaikan keberhasilan 1000 HPK dimulai dari PKBR : Penyiapan Kehidupan Berkeluarga bagi Remaja. Selain itu disampaikan oleh Narasumber Dr. Fatur, bahwa di Bina Keluarga Balita lebih diarahkan ke pola pengasuhan.  Praktek pengasuhan memilikitiga tujuan utama :

Kualitas hubungan antar orang tua dengan anak merupakan hal yang sangat penting untuk perkembangan yang sehat, cerdas dan berkarakter. Prinsip pola pengasuhan yaitu : Asah (kebutuhan akan stimulasi mentalyang merupakan cikal bakal untuk proses belajar anak), Asih (kebutuhan emosi dan kasih sayang) dan Asuh (kebutuhan fisik biomedis, seperti ASI,  kecukupan gizi, imunisasi, pengobatan, rekreasi dan bermain).

Kegiatan diakhiri dengan refleksi dari Narasumber Elina Pertiwi, MMPR NNLP yang menyampaikan meningkatkan kinerja profesional dengan mempertebal rasa syukur. (ye_a)