Rencana Pemindahan Ibu Kota Kulon Progo Masih Terus Digodog

28 September 2019
Administrator
Dibaca 49 Kali

Wates,(kulonprogo.sorot.co)--Pemerintah Kabupaten Kulon Progo masih menggodok rencana pemindahan ibu kota. Meskipun lama tak terdengar kabar atas rencana ini, namun Pemkab menegaskan bila hal ini masih digodog.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kulon Progo, RM. Astungkoro menyebut bila memang belum ada tindak lanjut atas rencana pemindahan ibu kota. Ia menyebut bila selain pemindahan ibu kota, masih banyak hal lain yang mesti dimatangkan oleh Pemkab Kulon Progo.

 Saat ini belum ada pembahasan lagi, tetapi yang pasti sambil jalan, soalnya masih banyak infrastruktur yang harus dipikirkan,” kata Astungkoro, Selasa (24/09/2019).

 Rencana pemindahan ibu kota ini, kata Astungkoro, berkaitan dengan makin sempitnya Kota Wates akibat perkembangan yang begitu pesat. Sejumlah bangunan pemerintahan bakal dipindah ke lokasi baru. 

Pemkab punya dua pilihan, yakni memindahkan perkantoran ke wilayah utara berdasarkan struktur ruang atau menempatkan perkantoran di wilayah selatan berdasarkan sejarah berdirinya Kabupaten Kulon Progo, yang merupakan gabungan antara Kabupaten Kulon Progo dan Kadipaten Adikarto.

Kabupatennya menggunakan Kulon Progo, tapi ibu kotanya di Adikarto. Pemikirannya yang berkembang bisa seperti itu, mudah-mudahan nanti bisa terealisasi,” ujar Astungkoro.

Sumber Berita