Genjot Jambanisasi di Desa Sendangsari

23 September 2019
Administrator
Dibaca 37 Kali

Sendangsari ( 23/09/2019 ).Upaya mengubah perilaku buang air besar sembarangan (BABS) di masyarakat terus dilakukan, diantaranya dengan program Jambanisasi. Jambanisasi adalah suatu program dari pemerintah untuk pengadaan jamban bersama-sama.

Di Pedukuhan Girinyono terdapat 6 Kepala Keluarga (KK ) yang mendapat bantuan program Jambanisasi dari  pemerintah. Salah satu penerima bantuan adalah Suharto warga Rt 43 Rw 22.

"Kami sangat berterimakasih atas bantuan Program Jambanisasi yang diadakan Pemerintah Desa sendangsari", tutur Suharto.

Pelaksanaan pembangunan jamban di rumah Suharto saat ini telah mencapai 30 %. Pembangunan ini dimulai dengan pembuatan pondasi dan lubang septic tank.

Heru Prasetyo Dukuh Girinyono menuturkan bahwa program ini diharapkan dapat mengubah perilaku buang air besar sembarangan (BABS) di masyarakat  dan dapat membantu mengurangi timbulnya bayi stunting di Pedukuhan Girinyono.

Pembangunan jamban ini diharapkan masyarakat semakin memahami perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), penyebaran berbagai penyakit akibat lingkungan kotor akan semakin berkurang sehingga akan semakin meningkatkan produktivitas dan kualitas sumber daya manusia di Desa  Sendangsari.(red-wb)