Arimbi melu gawe rame Gelar Budaya ISC

23 September 2019
Administrator
Dibaca 38 Kali

Lesung jumenglung, sru imbal-imbalan... Tok tek tok... Tok gung tok....

Begitulah irama alunan alu pada lesung yang berkumandang di aula SMK Negeri 2 Pengasih. Pada hari Minggu Kliwon, tanggal 22 September 2019 Gejog Lesung Arimbi yang berasal dari Desa Budaya Sendangsari, pedukuhan Blubuk menjadi pengisi acara Gelar Budaya yang dilakukan oleh ISC (Inspairing Student Center).
Gejog Lesung Arimbi yang hingga hari ini masih aktif menjaga kesenian tradisional dan di sesepuhi oleh Bapak R.Niti Diharjo yang nyatanya masih layak untuk diapresiasi. Pada kesempatan tersebut, selain untuk mengisi pentas seni, namun juga bertujuan untuk mengenalkan kesenian tradisional kepada peserta Gelar Budaya tersebut yang diikuti oleh siswa siswi tingkat SMA/SMK se-Kabupaten Kulon Progo.
Pada pentas tersebut, Gejog Lesung Arimbi membawakan lagu Kulon Progo Binangun, Caping Gunung, Pepiling, dan diakhiri dengan lagu Lesung Jumenglung. Adapun peserta dari Gejog Lesung Arimbi terdiri dari remaja sebagai penari latar, ibu-ibu sebagai pemain lesung, dan dibantu bapak-bapak sebagai pemain alat musik yang lain yakni kendang, saron, dan demung. (cholis,  up by ye-a)