Sosialisasi dan Pelatihan Pembuatan Kompos Asosiasi Bank Sampah Sendangsari

09 Juli 2019
Administrator
Dibaca 40 Kali

Asosiasi Bank Sampah Sendangsari melaksanakan kegiatan pertemuan rutin Selasa, 09/07/2019 di Bank Sampah induk. Dalam pertemuan dilaksanakan kegiatan sosialisasi pembuatan kompos dan pot tanaman dari kain bekas dengan narasumber Sudaryono. Kegiatan diawali dengan sambutan Direktur Bank Sampah Dhuawar Febriyanti yang mengucapkan selamat datang dan terima kasih. Dilanjutkan sosialisasi dan pelatihan pembuatan kompos.

Dalam sosialisasi disampaikan pembuatan kompos harus memperhatikan 3 hal yaitu bahan utama, bakteri pengurai dan tetes tebu. Apabila tidak memiliki komposter dapat menggunakan karung, terpal, spanduk, atau bisa langsung diatas tanah dengan catatan terlindung dari air. Selain itu disampaikan pula faktor yang biasanya menjadikan kegagalan dalam pembuataan kompos. Selain pembuatan kompos juga dilaksanakan pelatihan pembuatan pot dari kain bekas.

Acara yang dihadiri oleh Kepala Desa Sendangsari, Kaur Perencanaan dan Keuangan serta dari bank sampah unit ini mendapat motivasi dan dukungan dari Pemerintah Desa. Diharapkan masyarakat mampu mengkondisikan dan mengelola serta memanfaatkan sampah khusunya di Desa Sendangaari melalui Bank Sampah.(ye-a)