Sosialisai seerta Pembentukan KSM dan KPP Program Sanitasi Perdesaan

23 Juli 2019
Administrator
Dibaca 40 Kali

Sendangsari, Selasa (23-07-2019) Kementerian PUPR melalui TFL Pemberdayaan dan TFL Teknik melakukan Sosialisasi Program Sanitasi Perdesaan Padat Karya (Stunting) tahun 2019 di Aula Desa Sendangsari. Sosialisasi yang diawali dengan prakata dari Kasi Kemasyarakatan, Suwarno Utomo dengan menyampaikan Desa Sendangsari termasuk lokasi khusus dalam penanganan stunting. Dilanjutkan sambutan Kepala Desa Sendangsari, Suhardi yang mengucapkan selamat datang kepada seluruh hadirin dan menjelaskan salah satu penanganan stunting yaitu dengan adanya program sanitasi perdesaan dari Kementerian PUPR sesuai dengan kriteria penerima manfaat program.

Dalam acara inti yang disampaikan oleh Medha Wahyu Diantoro, A.Md. dijelaskan sanitasi yang aman, higienis dan nyaman serta dapat menjauhkan pengguna dan lingkungan di sekitarnya dari kontak dengan kotoran manusia. Program yang dilaksanakan di Desa Sendangsari ini bertujuan untuk meningkatkan akses dan kualitas sanitasi (air limbah), meningkatkan kesadaran masyarakat tentang PHBS dan meningkatkan ekonomi masyarakat melalui pelibatan masyarakat dalam program penyediaan infrastruktur. Disampaikan juga tahap perencanaan dengan pembentukan KSM yang ditetapkan dengan SK Kepala Desa, pembentukan tim pengadaan barang dan jasa dan pembentukan kelompok pemanfaat dan pemelihara. Sumber dana program tersebut berasal dari APBN disalurkan melalui Direktorat Pengembangan Penyehatan Ligkungan Pemukiman (PPLP) Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan UMUM dalam bentuk uang tunai sebesar Rp 350.0000,00 dengan pembagian minimal 60 % untuk bahan/kontruksi, maksimal 35 % untuk upah pekerja dan maksimal 5% untuk kegiatan non fisik.

Sosialisasi yang dihadiri oleh 41 orang calon penerima manfaat program tersebut berjalan dengan lancar diakhiri dengan tanya jawab dan pembentukan KSM serta KPP. (ye-a)