Penyuluhan Penanggulangan Keracunan Makanan di Pedukuhan Paingan

02 Desember 2019
Administrator
Dibaca 39 Kali

Sendangsari – Bertempat di Gedung Serbaguna Pedukuhan Paingan pada Sabtu (30/11) diadakan penyuluhan Penanggulangan Keracunan Makanan oleh UPTD Pengasih 1.

Acara tersebut di hadiri oleh Maryadi ( Dukuh Paingan ), Didik Sadikan dan Eni ( Penyuluh Puskesmas 1 ), Kader Posyandu, Kader PKK Pedukuhan serta warga Pedukuhan Paingan.

Dalam acara ini Ibu eni menyampaikan bahwa lingkungan merupakan pengaruh paling besar terhadap derajat kesehatan manusia.

“Apabila ada kejadian keracunan makanan sebaiknya dilaporkan kepada petugas puskesmas atau pada orang terdekat dan sebisa mungkin mengambil sedikit makanan yang di perkirakan sebagai penyebab keracunan untuk dijadikan sampel di laboratorium.”Himbau Eni.

Diharapkan masyarakat jangan malu atau takut untuk melapor, justru pihak puskesmas sangat berterimakasih jika ada kejadian keracunan segera dilaporkan kepada pihak puskesmas.

“Jika ada 2 orang yang terkena keracunan dengan ciri-ciri yang sama sudah dikategorikan KLB ( Kejadian Luar Biasa ).’’Imbuh Eni.

Dalam menanggulangi keracunan makanan diusahakan makanan yang diolah terbebas dari pencemaran baikk kimia maupun bakteri. Kebersihan alat, bahan dan tangan juga sangat penting. Penggunaan bahan tambahan seperti pengawet, perasa dan pewarna harus dengan aturan.

Didik Sadikin mengatakan orang-orang yang terlibat dari mulai dari persiapan bahan dan alat,pengolahan hingga penyajian makanan harus orang-orang yang sehat dan menjaga kebersihan tangan.

Dukuh Paingan maryadi mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi yang sebesar-besarnya kepada UPTD Puskesmas Pengasih 1. Acara seperti ini memang sangat dibutuhkan mengingat kurangnya perhatian masyarakat terkait dengan hieginis atau kebersihan terhadap pengolahan pangan juga dalam menyediakan bahan yang diolah.

“Ketika ada acara hajatan pemilihan bahan harus yang berkualitas, pengolah makanan sampai dengan penyaji makanan harus juga benar-benar menjaga kebersihan.”kata Maryadi.(red-wb,ern)