Cegah Stunting, Ikan Diolah Jadi Martabak Hingga Nugget

11 Desember 2019
Administrator
Dibaca 32 Kali

Sendangsari – Dalam rangka Peningkatan Kapasitas Kader dalam Penanganan Stunting di Desa Sendangsari, Puskesmas Pengasih 1 mengadakan kegiatan praktek pengolahan ikan.

Kegiatan ini di adakan di Aula Balai Desa Sendangsari pada Senin (9/12). Dihadiri oleh Kasi Kemasyarakatan Desa Sendangsari, Suwarna Utama, S.P, Narasumber Sudarisman dan Ibu Susan dari Puskesmas Pengasih 1.

Dalam kesempatan ini Ibu susan menyampaikan bahwa Stunting tidak hanya menyebabkan hambatan pertumbuhan fisik dan meningkatkan kerentanan terhadap penyakit, tetapi juga mengancam perkembangan kognitif yang berpengaruh pada tingkat kecerdasan dan produktivitas anak di masa dewasanya.

Dilanjutkan oleh Sudarisman, Ikan merupakan sumber protein hewani terbaik untuk pemenuhan gizi keluarga.

"Semua di mulai dari meja makan, dan ibu rumah tanggalah yang memegang keputusan penting dalam memilih dan mengolah bahan makanan yang akan disajikan sebagai bahan santapan keluarga," ujar Sudarisman.

Sudarisman memberikan pelatihan kepada kader sebanyak 60 peserta ,bagaimana mengolah ikan tuna menjadi martabak dan nugget. Selain untuk di konsumsi sendiri pengolahan ikan tuna menjadi martabak atau nugget bisa dijual dan menjadi income pendapatan ibu-ibu kader.

“Ibu-ibu kader bisa  menyebarluaskan dan mengembangkan pengolahan ikan ini di posyandu masing-masing untuk penanggulangan stunting.”kata Beliau.(red-wb)