Mahasiswi UNY Lakukan Penelitian di Bank Sampah Dhuawar Sejahtera Desa Sendangsari

19 November 2019
Administrator
Dibaca 42 Kali

Sendangsari- Bank sampah Dhuawar Sejahtera yang beralamat di Pedukuhan kroco Desa Sendangsari tepatnya di Rt 21 Rw 12, menarik perhatian seorang Mahasiswi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Mahasiswi bernama Rumni Chyndra CHY ini tertarik melakukan penelitian untuk pembuatan skripsi sebagai syarat kelulusan.

Bank sampah Dhuawar Sejahtera dipilih karena menurutnya Bank sampah ini telah melakukan inovasi yang baik. Seperti diketahui bahwa hasil pengelolaan sampah ini telah dipakai oleh kementerian PUPR Direktorat Jendral Bina Marga untuk campuran pengaspalan jalan Sentolo – Dekso.

Selain itu adanya uji coba Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Desa (LP2Desa) untuk mengolah cacahan plastik kresek untuk campuran fiber.

Ada juga pembuatan sampah organik yang berasal dari sisa sayuran dan buah untuk pembuatan menjadi pupuk cair atau MOL (Mikro Organisme Lokal).

Penelitian meliputi beberapa aspek Antara lain Struktur Organisasi, buku administrasi, sarana dan prasarana serta bangunan dan alat yang dipergunakan.

Penasehat bank sampah Dhuawar Sejahtera Sugiyanto berharap dengan adanya penelitian untuk tugas skripsi ini kedepan dapat membantu pengembangan pengelolaan bank sampah dengan saran-saran yang diberikan.

“Semoga nantinya penelitian ini dapat membantu mensosialisasikan program-program pengelolaan bank sampah melalui hasil karya skripsinya.”imbuh Sugiyanto.(red-wb)