WAKIL KULON PROGO DI LOMBA DESA WISATA NUSANTARA 2019

14 Oktober 2019
Administrator
Dibaca 41 Kali

Desa Wisata di Kulon Progo mulai menampakkan jati dirinya. Lomba Desa Wisata Nusantara baru pertama kali diselenggarakan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi. Desa Wisata Jatimulyo Kulon Progo masuk dalam kategori desa wisata berkembang  pada Lomba Desa Wisata Nusantara 2019. Tim verifikator meninjau desa wisata Jatimulyo pada Kamis (10/10) dipimpin oleh ibu Eppy Lugiarti M.M Kasubdit Peraturan Desa Direktorat PMD Kemendes.

Dalam peninjauan ini, tim verifikator disambut dengan tarian Sugriwa Subali, tarian khas Desa Wisata Jatimulyo. Jajaran Tim Desa Wisata Jatimulyo melakukan proses presentasi dan tanya jawab dengan seluruh stakeholder Desa Wisata Jatimulyo di Omah Watu Blencong. Aspek yang dinilai dalam paparan ini antaralain atraksi, amenitas, & aksesibilitas (3A); sumber daya manusia, masyarakat dan industri (SMI); branding, advertising, & selling (BAS); dan produk wisata. 

Desa Wisata Jatimulyo dinyatakan lolos tahap kedua dan akan bersaing dengan nominator lain dari seluruh Indonesia untuk kategori Desa Wisata Berkembang. Kegiatan verifikasi diakhiri dengan tinjauan lapangan ke salah satu destinasi unggulan Desa Wisata Jatimulyo yaitu Kembang Soka, Omah Kopi Sulingan, TIC (Tourist Information Center) Desa Wisata Jatimulyo dan terakhir Rest Area Gendhu. 

sumber