Kunjungan Kampung KB Guwosari Bantul, Studi Tiru ke Kampung KB Sendangsari

26 September 2024
Admin
Dibaca 22 Kali
Kunjungan Kampung KB Guwosari Bantul, Studi Tiru ke Kampung KB Sendangsari

SENDANGSARI (25/09/2024). Kelompok Kerja Kampung KB Sendangsari menyambut kehadiran tamu dari Kampung KB Guwosari, Kapanewon Pajangan, Kabupaten Bantul, Rabu kemarin (25/9). Kegiatan Kunjungan Lapangan yang dipimpin secara langsung oleh Carik bersama PLKB Kapanewon Pajangan, Kamituwo sekaligus Ketua Pokja Kampung KB Guwosari, BUMKal, dan Kader. Tim Kunjungan di terima di Joglo Bantala Abyudaya Paduuhan Kroco.

Tujuan kegiatan ini adalah sebagai ajang silaturahmi kedua kampung KB dan diharapkan dapat membawa manfaat kedepannya. Kunjungan peningkatan kapasitas pengelolaan kampung KB yang berada di Pajangan ini harapannya memberi gambaran yang lebih nyata tentang pengelolaan Kampung KB seperti diketahui, Kampung KB Sendangsari pernah sebagai Juara 3 Tingkat Nasioanal di Tahun 2022. Hal ini menjadi daya tarik Kampung KB lain untuk berkunjung melakukan kaji tiru untuk diadopsi di kampung KB mereka.

Sebanyak 30 orang rombongan disambut Koordinator PLKB Pengasih, Lurah Sendangsari, Kamituwo, Danarto, Ulu-ulu, Pokja Kampung KB, dan Pengurus UPPKA. Harapan dari kunjungan seperti ini adalah saling bertukar ilmu sehingga menjadi komunikasi dua arah saling memberikan masukan dan melengkapi sehingga menjadi lebih baik.

Seperti apa yang disampaikan Carik Guwosari dalam sambutan penyampaian maksud dan tunjuan berkunjung bahwa kampung KB Guwosari dibentuk tahun 2023 sehingga masih banyak belajar dalam pengelolaanya ”Kados bayi meniko tasih rambatan, yang artinya masih banyak belajar dari yang lain. ” tandasnya.

Keberadaan Kampung KB di suatu wilayah saat ini memegang peranan strategis dalam menunjang upaya percepatan pembangunan di wilayah tersebut termasuk penurunan angka kemiskinan dan penurunan stunting. Karena melalui Kampung KB, akan terjadi intervensi program dari berbagai stakeholder, BUMN maupun pihak swasta.

Suhardi, Lurah Sendangsari dalam sambutannya menyampaikan gambaran umum wilayah Sendangsari yang tentunya berbeda jauh dengan wilayah Desa Duren. Beliau menyampaikan sangat senang atas kunjunganya sehingga momen seperti ini nantinya bisa untuk bertukar informasi dan gagasan jadi bisa saling mengisi antara Kampung KB Sendangsari dan Guwosari. “Keberhasilan Kampung KB Sendangsari tidak lepas dari kegotong-royongan warga dan pemerintah Kalurahan dalam mendukung keberadaan Kampung KB dalam bentuk penganggaran”. jelas Suhardi.

Slamet Supriyono, selaku ketua Kampung KB Sendangsari memaparkan profil Kampung KB serta menyampaikan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan bersama lintas sektoral sehingga bisa mendukung keberadaan Kampung KB Sendangsari.

Peran serta lintas sektoral dan masyarakat menjadi daya dukung keberlanjutannya Kampung KB Sendangsari dengan bergotong-royong. Beberapa inovasi juga disampaikan dalam upaya penurunan stunting Kalurahan Sendangsari. Serta Inovasi terbaru dalam pembentukan "Kolah Banyu" atau Sekolah sampah Bantala Abyudaya di Padukuhan Kroco.

Acara dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab bersama para peserta, ramah tamah, dan diakhiri dengan berkunjung ke Rumah Data dan Informasi Keluarga Kampung KB Sendangsari. (Dimas Ahmed)