Cegah Penyakit Radang Otak Pada Anak, Puskesmas Pengasih I Jadwalkan Vaksinasi JE

29 Agustus 2024
Admin
Dibaca 19 Kali
Cegah Penyakit Radang Otak Pada Anak, Puskesmas Pengasih I Jadwalkan Vaksinasi JE

Sendangsari- Imunisasi Japanese Encephalitas (JE) adalah program pemerintah pusat yang bertujuan mencegah penyakit JE, yaitu radang otak yang disebabkan oleh virus JE. Virus JE ditularkan melalui gigitan nyamuk Culex Tritaeniorhychus yang terinfeksi. Penyakit JE dapat menyebabkan gejala berat seperti deman tinggi, kejang, dan peradangan otak. Ada sekitar 16-30% kasus menyebabkan kematian.

Imunisasi JE dapat diberikan pada anak mulai usia 9 bulan  dan kurang dari 15 tahun di daerah endemis atau yang akan bepergian ke daerah endemis. Untuk perlindungan jangka panjang, dapat diberikan booster 1-2 tahun kemudian.

Indonesia merupakan Negara Endemis JE, terutama Bali, Kalimantan Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Utara, Yogyakarta, Jawa Barat dan Jakarta. Saat ini kasus terbanyak ditemukan di Bali.

Upaya pencegahan virus JE yang paling efektif adalah dengan pemberian vaksin kepada anak-anak. Menyikapi hal tersebut, Dinas Kesehatan Kulon Progo telah mengeluarkan surat edaran pelaksanaan pemberian Imunisasi JE dengan nomor 440/2555 tanggal 22 Agustus 2024 yang mengamanatkan pelaksanaan imunisasi massal selama 2 bulan ( mulai 3 September sampai dengan 31 Oktober 2024) dengan sasaran anak usia 9 bulan sampai dengan usia kurang dari 15 tahun.

Menindaklanjuti surat dari Dinkes, Puskesmas Pengasih 1 pun bergerak cepat dengan  membuat jadwal pelaksanaan Vaksin JE mulai tanggal 3 September 2024 sampai dengan 5 Oktober 2024 dengan  sasaran balita, dan anak-anak sampai dengan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Koordinator vaksin Puskesmas Pengasih 1, Fascia Holimama, menjelaskan bahwa cakupan sasaran Vaksin JE meliputi anak-anak di lingkungan Kalurahan Pengasih, Sendangsari dan Sidomulyo. “Kami sudah membuat jadwal pelaksanaan vaksin JE untuk semua anak-anak di tingkat Posyandu, Paud, TK, SD dan SMP di lingkup kerja Puskesmas Pengasih 1 meliputi Kalurahan Pengasih, Kalurahan Sendangsari dan Kalurahan Sidomulyo. Target sasaran sejumlah 4500-an anak dengan capaian target 95% untuk masing-masing kalurahan. Selanjutnya Imunisasi JE ini akan menjadi imunisasi rutin mulai November 2024 dengan sasaran anak usia minimal 10 bulan.” tuturnya.

Gerakan massal pemberian vaksin JE merupakan langkah awal bagi kita untuk dapat mengurangi  angka penderita, mencegah, dan melindungi generasi muda dari penyakit radang otak. (ipg)