Mewujudkan Indonesia Bebas Polio, Anak-anak Sendangsari Terima Imunisasi Polio Serentak

26 Juli 2024
Admin
Dibaca 25 Kali
Mewujudkan Indonesia Bebas Polio, Anak-anak Sendangsari Terima Imunisasi Polio Serentak

Sendangsari- Kalurahan Sendangsari kembali menjadi sorotan dengan pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio serentak yang berlangsung minggu ini. Untuk mempermudah pelaksanaan, PIN Polio digelar di 4 (empat) Pos dengan jadwal berbeda.

Pada Rabu, 24 Juli 2024 PIN Polio dilaksanakan di 2 pos, yakni di Rumah Dukuh Serang (Pos 8) dan Joglo Bantala Abyudaya Padukuhan Kroco (Pos 9). Masing-masing tempat dilayani oleh 2 tenaga kesehatan, 2 non nakes dan 2 kader.

Di Pos 8 dijadwalkan untuk melayani anak-anak dari Padukuhan Serang, Paingan, SDN Serang dan TK ABA Serang dengan kouta sebanyak 218 anak. Sedangkan di Pos 9 dikhususkan unutk anak-anak dari SDN Sendangsari, SDN Klegen, Padukuhan Mrunggi, Kroco dan Klegen dengan kuota sebanyak 211 anak.

Jadwal kedua, yakni pada Kamis tanggal 25 Juli PIN Polio dilaksanakan di Aula Kalurahan Sendangsari (Pos 6) dan Sanggar Among Lare Padukuhan Pereng  (Pos 7). Sebanyak  279 anak  yang divaksin berasal dari TK Ibnu Abbas Gegunung, TK Pamardi utra IV, SDN Clereng, Pondok Pesantren Al Mansyuroh Klegen, Padukuhan Gegunung dan Secang.

Di Pos 7, ada sebanyak 271 anak yang berasal dari TK Al Hidayah Pereng, TK ABA Girinyono, TK Pembina Blubuk, SDN Widoro, SDN Blubuk, SD Muhammadiyah Girinyono, Padukuhan Girinyono, Blubuk dan Pereng.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Kalurahan Sendangsari  dihadiri oleh Lurah Sendangsari, perwakilan dari Dinas Kesehatan, dan mahasiswa KKN yang ikut membantu petugas imunisasi.

Dalam sambutannya, Lurah Sendangsari-Suhardi, menekankan pentingnya imunisasi sebagai langkah pencegahan yang efektif dan aman. "Vaksinasi Polio harus diberikan kepada anak-anak sebagai upaya pencegahan, karena penyakit ini dapat menyebabkan kelumpuhan dan sampai sekarang belum ada obat untuk penyakit Polio. Saya berharap warga sendangsari dapat bersinergi, bersama-sama memastikan bahwa anak-anak kita mendapatkan Vaksin Tetes Polio.” ujar Suhardi.

Selain imunisasi, acara ini juga diisi dengan berbagai kegiatan edukatif. Para petugas kesehatan memberikan penyuluhan kepada para orang tua tentang pentingnya imunisasi dan bagaimana polio dapat dicegah.

Antusias yang tinggi warga Sendangsari terlihat dengan hadirnya para ibu dan ayah yang mengantar anak-anak mereka sejak pagi untuk mendapatkan vaksin tetes polio yang diberikan secara gratis.

Pekan Imunisasi Nasional ini mendapat dukungan dari berbagai pihak, termasuk sekolah-sekolah dan posyandu di sepuluh padukuhan di Kalurahan Sendangsari. Para guru dan kader posyandu ikut berperan aktif dalam menyebarluaskan informasi dan mengajak orang tua untuk berpartisipasi.

Poster dan spanduk tentang pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional dan pentingnya imunisasi polio dipasang di berbagai tempat untuk meningkatkan kesadaran masyarakat sehingga diharapkan tidak ada lagi anak yang terlewat dari imunisasi.

Keberhasilan PIN Polio di Kalurahan Sendangsari tidak lepas dari kerja keras petugas kesehatan bersama pemerintah kalurahan,  juga partisipasi aktif dari masyarakat. Semangat gotong royong dan kesadaran akan pentingnya kesehatan menjadi faktor utama dalam pelaksanaan kampanye ini.

Lurah Sendangsari mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dan mengajak masyarakat untuk terus menjaga kesehatan anak-anak mereka. "Saya selaku Lurah Sendangsari sangat mengapresisasi atas diselenggarakannya PIN Polio. Mari bergandeng tangan untuk bersama-sama mensukseskan program Vaksinisasi Polio untuk masa depan yang lebih sehat dan bebas dari polio." pungkasnya dengan penuh semangat.

Pemberian imunisasi polio ini akan dilakukan dalam 2 tahap untuk masing-masing anak. Di Pos 8 dan 9 akan kembali dilakukan pada tanggal 7 Agustus 2024, dan tanggal 8 Agustus 2024 untuk Pos 6 dan 7 dengan sasaran yang sama dengan saat ini.(idi)