Pesta Rakyat Menoleh ke Menoreh: Kontingen Sendangsari-Pendoworejo Menyabet Penyaji Terbaik 3

16 Oktober 2024
Admin
Dibaca 42 Kali
Pesta Rakyat Menoleh ke Menoreh: Kontingen Sendangsari-Pendoworejo Menyabet Penyaji Terbaik 3

(SENDANGSARI) Dalam rangka ikut memeriahkan dan menutup rangkaian acara Hari Jadi Kulon Progo ke-73 Dinas Pariwisata menggelar Festival dan Pesta Rakyat bertajuk "Menoleh ke Menoreh" yang dimeriahkan dengan berbagai atraksi kesenian dari berbagai daerah serta Festival Mobil Hias yang diikuti oleh 26 Desa Wisata se-Kulon Progo termasuk Kalurahan Sendangsari.

Festival Mobil Hias dari Desa Wisata ini merupakan kolaborasi beberapa kalurahan yang kemudian  dibagi menjadi 10 kawasan atau kelompok, yaitu:

  1. Jangkaran, Glagah, Sawah Surjan, Banaran
  2. Gulurejo, Sidorejo, Jatirejo
  3. Sukoreno, Tuksono
  4. Sermo, Kalibiru, Hargotirto
  5. Hargorejo, Hagomulyo
  6. Jatimulyo, Purwosari
  7. Sendangsari, Pendoworejo
  8. Banjararum, Tinalah
  9. Ngargosari, Widosari, Nglinggo
  10. Sidoharjo, Banjarasri, Banjaraya

Salah satu pengurus Desa Wisata Sendangsari, Ella, menyampaikan bahwa Kalurahan Sendangsari bersama dengan Kalurahan Pendoworejo mendapat tanggung jawab membawa kontingen kesenian dari Banyuwangi.

“Dalam Festival Mobil Hias ini kami berkolaborasi dengan Pendoworejo dan diberi nama “Sendang Khayangan”. Peserta kontingen dari Banyuwangi berjumlah 25 orang, dibawa menggunakan 4 armada, yakni 4 mobil VW, sedangkan 1 Pick Up membawa logistik, 1 truk untuk membawa iringan musik karawitan, dan 1 mobil Land Rouver yang dihias dengan miniature Burung Garuda dan Pohon Pinus. Juga dengan tambahan dekorasi kain jarik dan jathilan serta dipasangi  lampu-lampu LED yang menambah semarak.” kata Ella.

Adapun rutenya, seluruh peserta mengambil start di depan Kantor Pemkab Kulon Progo lalu mengelilingi alun-alun, dan finish memasuki alun-alun. Kemudian seluruh armada berjajar disamping  panggung tempat acara berlangsung.

Puncak acara Hari Jadi Kulon Progo ke-73 yang digelar tadi malam  juga disemarakkan dengan kesenian Kethoprak dan penampilan dari 10 kontingen kesenian.

Dari hasil penilaian Lomba Mobil Hias, kontingen Sendangsari - Pendoworejo berhasil menjadi   penyaji terbaik  3 dan mendapatkan hadiah berupa trofi penghargaan serta uang pembinaan.

Ketua Desa Wisata, Nadia, mengungkapkan rasa syukur dan bangganya dengan keberhasilan tersebut. “Alhamdulillah, Sendangsari - Pendoworejo mendapatkan Juara 3 malam ini. Semoga hal ini menambah semangat temen-temen yang ada Desa Wisata Sendangsari untuk lebih berinovasi dan berkembang.” ujarnya.(ipg)