Pelatihan Digitalisasi, KKN Atma Jaya Sasar Pelaku UMKM dan KWT

06 Januari 2024
Administrator
Dibaca 19 Kali

SENDANGSARI -- Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) pengertian digitalisasi mempunyai arti proses pemberian atau pemakaian sistem digital. Sedangkan menurut beberapa ahli, definisi digitalisasi dapat bervariasi tergantung pada sudut pandang dan konteksnya.

KKN Atma Jaya Kelompok 84 Padukuhan Klegen mengadakan pelatihan Digitalisasi kepada ibu-ibu pelaku UMKM, anggota Kelompok Wanita Tani (KWT) dan warga Padukuhan Klegen yang mempunyai bisnis usaha. Pelatihan ini diselenggarakan di rumah Dukuh Klegen, RT 12 pada pukul 15.00 WIB.

Anin, salah satu KKN menyampaikan kegiatan ini dimaksudkan agar UMKM contohnya Kelompok Wanita Tani dapat menyebarluaskan produknya, dengan sebuah terminologi untuk menjelaskan proses alih media dari bentuk tercetak, audio, maupun video menjadi bentuk digital.

“Dengan Digitaliasi Bapak Ibu dapat meningkatkan jangkauan informasi mengenai bisnis dan produk ke seluruh Indonesia melalui Instagram. Bisnis melalui pengelolaan Instagram dapat dikelola mandiri oleh Bapak Ibu semuanya. Mengelola instagramnya bisa dengan mengembangkan dari pembuatan konten seperti foto produk.” jelasnya.

Dengan Pelatihan Digitalisasi ini, kedepannya kelompok UMKM maupun anggota KWT dapat mengolah dan memahami bagaimana instagram bisa menjadi sarana perluasan ke publik untuk bisnis mereka.(ann-ipg)