Produk Unggulan G2RT Sendangsari Go Internasional

27 Juli 2023
Administrator
Dibaca 75 Kali

Sendangsari – Produk unggulan Program Global Gotong Royong (G2R) Tetrapreneur Sendangsari, yakni olahan Bunga Telang (Telang Tubruk dan Keripik Telang) kembali diperkenalkan pada dunia, pada rangkaian acara ASEAN Rural Culture Expo yang dilaksanakan di Tebing Breksi Sleman pada Rabu (26/7/2023).

G2R Tetrapreneur merupakan salah satu program unggulan Gubernur dan Pemerintah Daerah (Pemda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang didanai oleh Dana Keistimewaan (Danais).

“Kami mewakili BUMDes Sendang Artha Sendangsari, ikut meramaikan BUMDes Expo di acara Asean Rural Culture Expo ini, dengan membawa bendera G2RT Sendangsari. Pameran G2RT kali ini diselenggarakan di Tebing Breksi pada hari Rabu, 26 Juli 2023, berkolaborasi dengan G2RT se-Provinsi DIY. Kami menampilkan produk unggulan Sendangsari dari Olahan Bunga Telang” ujar Eka selaku Ketua G2RT.

"Kami ingin memperkenalkan produk unggulan kami yang berasal dari olahan Bunga Telang yaitu Telang Tubruk dan Keripik Telang, di kancah Nasional maupaun Internasional." imbuhnya.

Seperti yang disampaikan Eka bahwa pameran ini berkolaborasi dengan G2RT se-Provinsi DIY. Kalurahan Sendangsari mewakili Kapanewon pengasih, untuk Kapanewon Sentolo diwakili Kalurahan Srikayangan dan Kalurahan Sentolo sedangkan Kapanewon Temon diwakili oleh Kalurahan Karangwuni dan Kalurahan Temon. Keseluruhan perwakilan dari Kulon Progo menjadi satu stand dalam pameran tersebut.

Event ini digelar oleh Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi dengan tujuan memperkenalkan produk-produk UMKM dan BUMDes di seluruh Nusantara ini agar dapat dikenal oleh negara-negara ASEAN. Tak hanya produk UMKM saja yang ditampilkan pada pameran ini, kekayaan budaya turut disuguhkan pada Pentas Budaya yang tentunya sangat beragam, pentas ini melibatkan budaya di setiap kabupaten baik dari Jawa maupun luar Jawa.

Program Global Gotong Royong (G2R) Tetrapreneur berbasis empat pilar wirausaha yakni rantai pasokan bisnis, ketersediaan dan kesigapan dalam merespons pasar, kualitas produk, serta sistem yang terkoordinasi sehingga meningkatkan nilai merk produk, dengan harapan dapat membantu meningkatan perekonomian desa yang bersaing pada tingkat dunia. (IDI)

Â