Edukasi Keuangan khususkan Perempuan, KWT dan Bank Sampah Sendangsari turut serta

23 Juni 2023
Administrator
Dibaca 43 Kali

Sendangsari – Sebanyak 12 anggota KWT dan Bank Sampah Sendangsari mengikuti acara Edukasi Keuangan bagi Perempuan di Kabupaten Kulon Progo. Pada Jumat (23/6) yang bertempat di Pendopo TBKP. Narasumber pada acara ini di antaranya adalah Otoritas Jasa Keuangan (OJK), PT. Bank BPD DIY, PT. Pegadaian, PT. Permodalan Nasional Madani dan Perumda BPR Bank Kulon Progo.

Pada acara ini peserta merupakan pelaku UMKM atau binaan dibawah naungan Dinas Pemerintah Kulon Progo. Dan hanya diperuntukkan peserta Perempuan.

Berikut cakupan materi yang disampaikan, diantara lain sebagai berikut:

Yang pertama adalah Tujuan dari keuangan yang di singkat ”SMART”

Spesifik yang artinya teteapkan tujuan keuangan secara jelas dan rinci agar lebih fokus.

Measure yaitu tujuan keuangan harus dapat di ukur.

Achievable yaitu tujuan keuangan harus realistis dan dapat dicapai.

Relevant yaitu anggaran dibuat dengan tujuan yang masuk akal.

Time-Related yaitu keuangan harus memiliki batas waktu yang nyata.

Setelah tujuan daripada keuangan, disampaikan tips mengelola keuangan. Yang pertama adalah ”Sisihkan bukan Sisakan” yang berarti mendahulukan kepentingan, kebutuhan yang sifatnya prioritas, dan kesampingkan dulu keinginan semata. Tips yang kedua adalah “Hindari Gengsi”, pengertiannya adalah Hindari Membeli sesuatu yang Tidak Dibutuhkan dengan Uang yang Tidak di Milki untuk membuat terkesan Orang Lain. Tips yang ke tiga adalah 10�rbagi, 20% Menabung, 30 % Cicilan, dan 40% Biaya Kehidupan.

Dalam pematerian ini juga disampaikan tentang Tips Perencanaan Keuangan, Tips memilih Produk dan Layanan Jasa Keuangan, Mekanisme Penanganan Pengaduan dan Penyelesaian Sengketa dengan menggunakan APPK. Dan Langkah Penyelesaian jika terjerat Pinjol.

Tidak hanya seputar pinjol, kita juga harus waspada serta mencermati karateristik investasi Ilegal. Yang di antara lain sebagai berikut:

Tujuan dari acara ini adalah menggandeng pelaku UMKM atau binaan dibaawah naungan Dinas Pemerintah Kabupaten Kulon Progo khususnya Perempuan supaya lebih bijak dalam mengelola keuangan baik dalam keluarga maupun usaha yang dijalankan baik individu maupun kelompok.(IDI)