Pokja Kampung KB Sendangsari Ikuti Workshop Pengelola Kampung Keluarga Berkualitas Tahun 2023

26 Mei 2023
Administrator
Dibaca 40 Kali

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) DIY menggelar workshop Pengelola Kampung Keluarga Berkualitas di Hotel Gaia Cosmo Yogyakarta, Umbulharjo, Kota Yogyakarta pada Rabu 24 Mei 2023 hingga Kamis 25 Mei 2023. Kegiatan ini diadakan dalam rangka meningkatkan kapasitas Pengelola Kampung KB yang ada di DIY.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, dilakukan secara terintegrasi dan konvergen lintas sektor. Pelaksanaan workshop ini merupakan kegiatan prioritas nasional yang dilaksanakan di tingkat provinsi secara. “Jumlah peserta ada 55 orang dari organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemda DIY, kemudian perwakilan BKKBN DIY, OPD terkait di kabupaten dan kota di DIY, Pemerintah Kalurahan, serta dari 10 perwakilan Pokja Kampung Keluarga Berkualitas Unggulan DIY.

Melalui kegiatan workshop ini diharapkan menjadi saran sosialisasi arah dan kebijakan dan Inpres No.03 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Penyelenggaraan Kampung Keluarga Berkualitas. Dalam workshop tersebut pada panel pertama, peserta diberikan materi tentang arah dan kebijakan pengembangan dan pengelolaan Kampung Keluarga Berkualitas oleh Dra. Ita Suryani, M. Kes.

Sedangkan pada panel kedua terkait kinsep Kampung KB sesuai dengan Inpres No.03 Tahun 2022 oleh Windaningrum, S. Sos.

Materi ke tiga dari L Daru Andani menyampaikan tentang Pengkoordinasian dan Mekanisme Penyelengaraan Kampung KB, peran pemerintah desa dalam penyelenggaraan Kampung KB dan peran Dinas Terkait untuk meningkatkan intervensi di Kampung KB.

“Kemudian pada hari ke dua ini dilanjukan materi tentang pencatatan, pelaporan monev, penyelenggaraan DASHAT, kemitraan dilanjutkan penyusunan Rencana Tindak Lanjut yang disusun dari perwakilan KKB, Pemerintah Kalurahan dan Pokja Kampung KB” kata Slamet Supriyono sebagai Ketua Kampung KB Sendangsari yang menjadi peserta Workshop saat itu.

Kepala Perwakilan BKKBN DIY Shodiqin menjelaskan Kampung Keluarga Berkualitas merupakan salah satu program prioritas nasional sebagai upaya pemberdayaan dan penguatan institusi keluarga di tingkat desa dan kelurahan. Dalam acara penutupan Workshop tersebut beliau juga menyampaikan Hadiah Lomba Penguatan Kampung KB Tingkat DIY Tahun 2023.