Pemuda dan Pemudi Kulon Progo Tandatangani Deklarasi Kilen Lepen

12 Maret 2023
Administrator
Dibaca 60 Kali

KULON PROGO- Pemuda dan pemudi di Kulonprogo, Minggu 12 Maret 2023, menandatangani Deklarasi Kilen Lepen. Deklarasi yang dirancang para peserta Sekolah Jurnalisme Desa (SJD) Angkatan I berisi tentang sikap untuk terus belajar, berkarya, berbagi, berkolaborasi, dan berinovasi yang berbasis potensi desa. 

Sekolah Jurnalisme Desa yang diselenggarakan oleh Wiradesa di Padepokan Kilen Lepen, Karangwetan, Salam Rejo, Sentolo. Selama 2 hari ini, Sabtu-Minggu, 11-12 Maret 2023. Berhasil menarik semangat 21 peserta, yakni pemuda dan pemudi dari segala penjuru Kulon Progo, diantaranya sebagai berikut: 

Agnes Vica Tri Ramadya dari Desa Salamrejo, Isman Nugroho (Sukoreno), Sutrisno (Srikayangan), Dwi Mulyono (Triharjo), Risnadiyanti (Kaliagung), Zazin Sulaiman (Tuksono), Ari Agus Saputro (Salamrejo), Purnomo (Tuksono), Waspodo (Salamrejo).

Kemudian Erna Puji Astuti (Sendangsari), Indrawati Dewi Istiqomah (Sendangsari), Ilmi Salafiah (Triharjo), Iryaprima Maharani (Donomulyo), Eli Jannati (Tuksono), Roes Camelia (Panjatan), Syafiroh Galuh Khofifah (Tuksono), Salma Abiyyu Alamanda (Bumirejo), Dian Suprapti (Salamrejo), Agus Supriyono (Kaliagung), Nindya Zainun Faqiha (Salamrejo), dan Fairuz Farizki (Salamrejo).

Tak hanya Deklarasi, Acara tersebut diawali dengan Pembekalan oleh 3 pemateri yakni:

Pematerian pertama oleh Bapak Purwo Ipung Harsono, selaku Ketua Koperasi Jasa Noto, yang bertempat di Mangunan, Bantul. 
Beliau memaparkan materi, Bagaimana Mengelola 11 Destinasi Wisata di Mangunan. Ide kreatif pengembangan ekonomi, melalui Desa Mandiri Berbudaya dan Wana wisata. Beliau mengungkapkan bahwa “Berkarya itu Mutlak” dan “Ukur dulu kalau itu layak”. Jadi maksud beliau supaya kita mengembangan ide-ide yang kita miliki untuk diwujudkan dalam sebuah karya, yang nantinya kita juga harus memikirkan siapa segmen pasar untuk karya kita ini. 

Pematerian kedua oleh Bapak Taufik Kamal S.Kom M.Cs selaku Lurah Kalurahan Pleret, Bantul. 
Beliau memaparkan materi tentang Pleret Desa Wisata dan Desa Digital. Di Pleret sendiri terdapat  4 kawasan cagar budaya dan berbagai kemajuan di bidang teknologi. Beliau mengungkapan “Apabila Semua Desa Maju, maka Indonesia Maju”.

Dan untuk materi terakhir oleh Bapak Sihono HT, selaku Founder Wiradesa. 
Dengan materi Jurnalis dan Karya Jurnalistik. Beliau sudah berpuluh tahun belajar tentang hal tersebut, sehingga materi yang di berikan benar-benar membekali kita untuk menjadi pewarta desa. Beliau mengajarkan supaya kita bermanfaat bagi masyarakat. 

Pada hari ke-dua, Acara Deklarasi Kilen Lepen yang di ucapkan secara lantang oleh 21 Muda-Mudi peserta Sekolah Jurnalisme Desa Angkatan I, dan kemudian di tandatangani, dengan isi sebagai berikut: 

Deklarasi KILEN LEPEN
1. Kami pemuda dan pemudi Kulonprogo siap terus belajar untuk memahami dan memenuhi
kebutuhan masyarakat desa.
2. Kami pemuda dan pemudi Kulonprogo siap membuat karya jurnalistik, baik berupa teks,gambar, suara, suara dan gambar, berbasis potensi desa.
3. Kami pemuda dan pemudi Kulonprogo siap berbagi informasi potensi desa melaluiberbagai platform media.
4. Kami pemuda dan pemudi Kulonprogo siap berkolaborasi dengan berbagai pemangkukepentingan untuk pemberdayaan desa.
5. Kami pemuda dan pemudi Kulonprogo siap berinovasi menciptakan produk wisata, usaha ekonomi, dan lainnya bagi kesejahteraan masyarakat desa.

Kulon Progo, 12 Maret 2023

Dengan di adakannya Sekolah Jurnalisme Desa ini harapannya peserta dapat memahami dan menenuhi kebutuhan masyarakat desa, dan juga dapat mengimplementasikan isi deklarasi di atas di lingkungan masyarakat masing-masing. IDI