Bimtek E-Coklit, Petugas Pantarlih harus melek teknologi.

13 Februari 2023
Administrator
Dibaca 60 Kali

(Sendangsari) Minggu (12/02/23) Bersamaan dengan Pelantikan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih), PPS melaksanakan Bimtek Aplikasi E-Coklit.

Sebanyak dua puluh tujuh Petugas Pantarlih di Kalurahan Sendangsari mengikuti bimtek aplikasi E-Coklit, yang bertempat di Aula Balai Kalurahan Sendangsari. Dilaksanakannya bimtek ini guna memberikan bekal kepada Petugas Pantarlih supaya mengetahui dan memahami hal-hal penting mengenai prosedur penggunaan aplikasi, jadwal, dan hal yang berkaitan dengan pemutakhiran data pemilih pemilu 2024.

Berbeda dengan pelaksanaan pemutakhiran data tahun silam yang masih manual, pemutakhiran data pemilih pemilu 2024 kini menggunakan aplikasi E-Coklit. Dengan begitu petugas pantarlih diharapkan dapat melek teknologi, terutama bagi petugas yang mayoritas sudah menjadi bapak/ibu. Namun hal ini tidak menjadi masalah karena semangat dan antusias petugas pantarlih mendorong hal tersebut.

Bimtek ini berdasarkan pada KKPU No. 27 Tahun 2023. Adapun materi yang di sampaikan yaitu sebagai berikut:

1.Jadwal dan tahapan pelaksanaan coklit;

2.Dokumen dan perlengkapan coklit;

3.Penyusunan rencana kerja Pantarlih;

4.Tata cara pelaksanaan Coklit;

5.Tata cara pengisian formulir Model A-Daftar Pemilih, Model A-Daftar Potensial Pemilih, Model A-Laporan Hasil Coklit, dan Model A-Tanda Bukti Terdaftar;

6.Tata cara pemasangan e-Coklit dan pendaftaran akun;

7.Tata cara penggunaan e-Coklit;

8.Perlindungan data pribadi pemilih; dan

9.Pakta integritas penyelenggara Pemilu dan/atau SMKI.

Petugas Pantarlih di kalurahan Sendangsari mengikuti bimtek tersebut dengan seksama.  Namun dalam pelaksanaannya terdapat kendala, beberapa akun belum berhasil log-in dengan kemungkinan besar, banyaknya petugas yang mengakses aplikasi E-Coklit tersebut. Namun masalah itu tidak menjadi titik berat karena sesama petugas pantarlih melakukan berkoordinasi dan komunikasi sehingga bimtek dapat berjalan dengan lancar.

Harapannya dengan diadakan Bimtek ini dapat mempermudah pelaksanaan pemutakhiran data pemilih pemilu 2024. (IDI)