Gelar Wilujengan Hari Jadi Kalurahan Sendangsari, Diwarnai Rebutan Gunungan

25 September 2022
Administrator
Dibaca 36 Kali

Sendangsari (24/9/2022). Gelar wilujengan dalam rangka Hari Jadi Sendangsari ke 75, dipusatkan di Lapangan Serang Kalurahan Sendangsari. Prosesi gelar wilujengan ini, selain dihadiri Pj. Bupati Kulonprogo, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kepala Dinas Kebudayaan, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kulonprogo, tampak hadir juga Panewu Pengasih serta Lurah Pengasih, pamong dan BPK.

Gelar wilujengan ini diawali dengan arak – arakan tumpeng yang ditampilkan dari tiap pedukuhan se Kalurahan Sendangsari. Tidak kurang sekitar seribu warga Sendangsari mengikuti kirab wilujengan dengan menampilkan berbagai macam kesenian lokal maupun adat budaya wilayah setempat.

Usai semua peserta kirab memasuki lapangan Serang, kemudian dilanjutkan dengan prosesi wilujengan, yang dilakukan oleh Lurah Sendangsari, dan diikuti oleh seluruh Kasi dan Kaur maupun seluruh dukuh. Dan diakhiri doa oleh Kaum Rois Padukuhan Mrunggi.

Sedangkan usai dilakukan prosesi gelar wilujengan dalam rangka Hari Jadi Sendangsari,  ratusan warga yang masih memadati Lapangan serang memperebutkan gunungan yang dibawa oleh masing – masing padukuhan, yang terdiri dari berbagai macam hasil bumi.

Lurah Sendangsari, Suhardi menuturkan, gelar wilujengan dalam rangka Hari Jadi Sendangsari ke 75 ini, guna mengingatkan, bersatunya Kalurahan Pereng dan Kalurahan Serang kemudian menyatu menjadi Kalurahan Sendangsari.

“Mewakili Pemerintah Kalurahan, sejarah bersatunya dua kalurahan dan kemudian menjadi Sendangsari seperti sekarang ini, menjadi tonggak sejarah, yang perlu dilestarikan. Paling tidak generasi muda sekarang bisa mengetahui sejarah yang ada di kalurahannya sendiri,” tutur Suhardi. (ipg)