Monev Program Bantuan P2L, KWT Ngrembuyung Dikunjungi Dinas Pertanian dan Pangan Kulon Progo

29 Juli 2022
Administrator
Dibaca 56 Kali

Sendangsari (28/7/2022). KWT Ngrembuyung mendapat kunjungan monitoring dan evaluasi dari Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kulon Progo terkait realisasi Pelaksanaan Program Pekarangan Pangan Lestari (P2L) Kamis (28/7), bertempat di Demplot KWT Ngrembuyung, Klegen RT 14. Kegiatan ini dihadiri oleh Lurah Sendangsari beserta pamong, BPK Padukuhan dan anggota KWT.

Adapun maksud tujuan pembinaan dan monev agar mengetahui sejauh mana progres kelompok penerima manfaat program P2L, baik pengembangan pertanaman maupun realisasi sarana dan prasarananya.

“Meskipun pelaporan kegiatan sudah dikirim secara online kepada kami, namun untuk memastikan perkembangan fisik di lapangan dan administrasi kami ngaruhke ke sini,” kata Wakil Kabid Pangan dan Penyuluhan Dinas Pertanian dan Pangan Kulon Progo, Murtini. STP.

Ia menuturkan fasilitas dana bantuan 40 juta harus dibelanjakan sesuai dengan RAB. Tujuan program P2L yaitu pemberdayaan pekarangan sebagai penyedia pangan untuk keluarga. Dinas Pertanian dan Pangan berkewajiban melihat secara langsung sekaligus melakukan pembinaan bersama petugas penyuluh lapangan (PPL).

“Jangan hanya di demplot saja tanamannya yang bagus, tanaman di pekarangan anggota juga dikembangkan.” tambahnya.

Monitoring dan Evaluasi (Monev) kegiatan P2L APBD tahun 2022 dilaksanakan untuk mengamati atau mengetahui perkembangan kemajuan, identifikasi permasalahan yang menjadi kendala serta antisipasi atau upaca pemecahannya pada KWT penerima fasilitasi di tahun 2022 Adapun yang diperiksa yaitu administrasi, KBD (Kebun Bibit Desa), lahan demplot, dan pekarangan anggota.

Dari Pengawas Mutu Hasil Pertanian (PMHP), Udiarto Iswaluyo dan Jumaryanto STP menyampaikan mengenai cara penanaman yang efektif dan efisien sehingga bisa menguntungkan. Tanaman akan tumbuh subur apabila media tanam komposisi tanah, pupuk kandan dan sekam seimbang, pemupukan rutin dan pengendalian hama diperhatikan.

Ketua KWT, Sunarsih, menuturkan bahwa bantuan sarpras sudah dibelanjakan sesuai RAB, dan bibit yang harus dibagikan kepada anggota sudah ditunaikan.

"Kami sangat berterima kasih kepada Tim dari Dinas Pertanian dan Pangan Kulon Progo dan PPL BPP Pengasih, dengan adanya monev ini,  karena dapat mengetahui sejauh mana persiapan administrasi dan lahan serta pekarangan saat ini dalam menghadapi Lomba Gempar tahun ini." tambahnya. (IPG)