Monev Pembangunan Semester I, Anggaran yang Bersumber DD dan Danais

20 Juli 2022
Administrator
Dibaca 43 Kali

Sendangsari (20/7/2022). Kalurahan Sendangsari mendapat kunjungan monev pembangunan semester I dari Kapanewon Pengasih, Rabu (20/7) yang dipimpin oleh Kawat Kemakmuran Kapanewon Pengasih. Monev ditanggapi oleh Ulu-ulu Sendangsari, Kuntoro Edi dengan didampingi dukuh setempat.

Ada tiga (3) lokasi pekerjaan yang akan dievaluasi. Adapun Pembangunan yang dimonev pertama yaitu Pembangunan Rabat Beton dan Talud Jalan Usaha Tani di Pereng dengan dana sekitar 72 jutaan. Kegiatan tersebut menggunakan Dana Desa ( DD ) termasuk yang 20% Ketahanan Pangan. Fisik pekerjaan sudah selesai pertengahan Juli 2022.

Selanjutnya pekerjaan yang dievaluasi adalah Pembangunan Talud Girinyono dengan dana sekitar 21 jutaan menggunakan Dana Desa dan sudah selesai pekerjaannya di bulan Februari 2022. Kegiatan ini merupakan Pendampingan Karya Bakti TMMD.

Dan yang terakhir pekerjaan bersumber Danais BKK Mandiri Pangan Tahap I yang berlokasi di Mrunggi. Pekerjaan fisik meliputi Kandang Ternak, Akses jalan menuju kandang, Gedung MRU ( Penggilingan Padi), Akses jalan menuju MRU, dan tempat penjemuran Gabah, yang didanai anggaran sekitar 360 jutaan.

Kuntoro Edi menuturkan bahwa kegiatan tersebut diatas dikerjakan oleh TPK ( Tim Pelaksana Pembangunan) dengan sistem swakelola dengan dibuatkan SK ( Surat Keputusan) Lurah. Untuk pencairan dana sudah ada yang 100Ún ada yang baru sebagian.

“Kami ada TPK pembangunan Kalurahan untuk pekerjaan di Pereng dan Girinyono, dan BKK mandiri Pangan dibuatkan Tim Pembangunan tersendiri. Yang Pereng dan Girinyono sudah 100% pencairan dananya sedangkan yang Mrunggi baru Tahap I sekitar 360 juta dari totalan semua 750 juta.” ungkapnya.

Dari tim Kapanewon Pengasih mengapresiasi hasil pekerjaan karena sudah baik dan sesuai dengan perencanaan. Kedepan aka nada monev pembangunan semester II. (IPG)