Puskesmas Pengasih 1 Pantau Kegiatan Posyandu Paripurna 1

07 Juni 2022
Administrator
Dibaca 37 Kali

Sendangsari (7/06/2022) Posyandu Paripurna 1 mengadakan penimbangan Balita pada Senin (6/6/2022) bertempat di Gedung PAUD Paripurna. Kegiatan yang dilaksanakan rutin setiap tanggal 6 disetiap bulannya dihadiri oleh 40 balita.

Penimbangan dan pengukuran tinggi badan balita sangat penting untuk memantau tumbuh kembang anak.

Selain dicatat dalam buku KIA, petugas juga memiliki buku pencatatan sendiri untuk memantau pertumbuhan balita apakah normal atau termasuk stunting. Jika diketahui termasuk stunting, petugas dapat dengan segera mengambil tindakan, mengingat stunting sangat berbahaya dan berdampak buruk bagi masa depan anak.

Dalam acara posyandu kali ini dihadiri dari pihak Puskesmas Pengasih 1 untuk memberikan sosialisasi tentang penanganan diare pada anak.

BhabinKamtibmas Sendangsari, Bapak Karmanto juga ikut memberikan materi kepada orang tua balita. Ia menyampaikan bahwa dalam mendidik anak seharusnya jangan ditakut-takuti. Hal itu dikarenakan akan terbentuk dalam memori si anak bahwa hal-hal yang disampaikan orang tuanya adalah benar-benar menakutkan, padahal tidak demikian.

“jangan ditakut-takuti ya Bu, misalnya dengan berkata “jangan nangis, nanti dimarahi pak polisi”. Jangan ya Bu, Pak Polisi itu tidak menakutkan kok.” Ucap Karmanto.

"sebisa mungkin berikan alasan yang tepat dan mudah dipahami jika melarang anak, jangan buat anak itu takut akan sesuatu yang sebenarnya tidak menakutkan." pungkas Karmanto.