Penggerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) Melalui Gerakan Jumat Sehat di Paingan

04 Juni 2022
Administrator
Dibaca 46 Kali

Sendangsari (4/6/2022) Kapanewon Pengasih bersama UPTD Puskesmas Pengasih 1 mengadakan acara Jumat Sehat pada Jumat (3/6/2022). Bertempat di Gedung Serba Guna Paingan acara dihadiri oleh 50 peserta yang terdiri dari kader Kesehatan padukuhan, kepala Puskesmas Pengasih 1, perwakilan dari kapanewon, serta pamong Kalurahan Sendangsari.

Kegiatan PSN digencarkan karena sampai saat ini kasus DBD di Kapanewon Pengasih masih ada. Sebagai bentuk antisipasi merebaknya kasus DBD, tim POKJANAL (kelompok kerja pengendalian) melakukan supervisi PSN di 2 lokasi berbeda, yaitu tim 1 di Padukuhan Paingan, tim 2 di Padukuhan Kopat Karangsari.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Puskesmas Pengasih 1, dr. Yusniar Ridani menyampaikan bahwa Gerakan jumat sehat adalah adalah Gerakan untuk pengendalian merebaknya wabah DBD. Jumat sehat di Paingan ini merupakan yang pertama kali dilaksanakan di Kapanewon Pengasih. Kedepannya akan  dilanjutkan pada Jumat – Jumat berikutnya di setiap Kalurahan di Kapanewon Pengasih.

“gerakan Jumat Sehat  pada hari ini adalah yang pertama, dan akan diadakan lagi pada Jumat berikutnya di kalurahan lain di Kapanewon Pengasih ini.” Papar Yusniar.

Menanggapi Gerakan Jumat Sehat, Dukuh Paingan Maryadi menyambut baik kegiatan ini. Ia berharap gerakan ini bisa dilaksanakan secara berkelanjutan, sebagai edukasi kepada masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan di lingkungan keluarga. Dengan adanya Gerakan Jumat Sehat ini diharapkan dapat meningkatkan kewaspadaan masyarakat terhadap wabah DBD.

“ saya harap Gerakan Jumat Sehat ini dapat dilakukan secara  kotinyu, sehingga dapat mengedukasi masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.”tutur Maryadi.

Jika masyarakat sadar akan kebersihan lingkungan, diharapkan wabah DBD tidak akan merebak.