DLH KP Adakan Sosialisasi Pengurangan Sampah

03 Juni 2022
Administrator
Dibaca 48 Kali

Sendangsari (3/6/2022) Dinas Lingkungan Hidup Kulon Progo mengadakan acara sosialisasi tentang pengurangan sampah pada Kamis (2/6/2022). Bertempat di ruang rapat Dinas Lingkungan Hidup Kulon Progo, sosialisasi dihadiri oleh perwakilan dari Pengurus Bank Sampah dan perwakilan Pengurus Wisata.

Pada pemaparannya, Kepala Bidang P3KLH DLHK DIY, Ibu Mita menyampaikan bahwa untuk menghadapi Kulon Progo yang nantinya akan menjadi sebuah kota karena adanya bandara, perlu persiapan untuk dapat mengelola sampah dengan baik.

Keberadaan Bandara Internasional membuat Kulon Progo dikunjungi banyak orang dari berbagai daerah. Kedatangan mereka pasti akan membuat timbulan sampah baru.

Untuk mengantisipasi agar TPA Banyuroto tidak menjadi penuh seperti TPA Piyungan, DLH berharap bank sampah di Kulon Progo dapat bekerja sama dengan sekolah, SPBU juga rumah makan terdekat.

Jika masyarakat telah bekerja sama dengan bank sampah, pihak KSM hanya akan membuang sampah yang benar-benar tidak dapat diolah.

Kepala DLH Kulon Progo, Drs. Sumarsana, M.Si turut menambahkan, Bank sampah harus gencar melakukan sosialisasi kepada warga agar mengurangi dan mengelola sampah karena penghasil sampah terbanyak adalah rumah tangga, jadi sebisa mungkin dapat berakhir di rumah tangga.

Diharapkan jumlah nasabah bank sampah dapat bertambah setiap bulannya. Dengan banyaknya warga yang menyetorkan sampah laku jualnya ke bank sampah, jumlah sampah yang dibuang ke TPA dapat berkurang.