Gapoktan Sendang Lestari Kembali Lakukan Gerdal OPT Padi Menor

24 Juni 2022
Administrator
Dibaca 49 Kali

Sendangsari (24/06/2022) Gapoktan Sendang Lestari Kalurahan Sendangsari bersama Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kulon Progo kembali melaksanakan Gerakan Pengendalian Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT)  pada tanaman padi Menor seluas 40 ha pada Rabu (22/06/2022).

Gerdal OPT Padi ini dihadiri oleh Kabid Tanaman Pangan Kabupaten Kulon Progo beserta jajarannya, Kortikab POPT Kabupaten Kulon Progo, Tim Penyuluh BPP Pengasih, POPT, Babinsa, Babinkamtibmas, , Lurah Sendangsari beserta pamong, Ketua Gapoktan, Pengurus, Anggota Kelompok Tani,Petani Milenial, Penyuluh Swadaya dan TIM Regu Perlindungan Tanaman (RPT).

Penyemprotan padi menor ini menggunakan agensia pengendali hayati (APH) sebagai bahan pengendalian OPT yang ramah lingkungan yaitu Chorybacterium, PGPR (Plant Growth Promoting Rhizobacteria), Beuveria Bassiana, MOL (rendaman serabut kelapa muda dan air bonggol pisang kepok) dan juga ditambah Eco Enzym. Pengawalan terhadap padi Menor ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya hama penyakit pada tanaman padi menor ,memperkuat batang pada tanaman padi.

Harapan  dengan adanya sinergitas dari berbagai pihak bisa mengawal pengamanan produksi untuk menjaga ketahanan pangan.