Jamaah Masjid Al-Furqon Nyekar di Makam Tengah

04 Mei 2022
Administrator
Dibaca 50 Kali

Nyekar (bahasa jawa) adalah berziarah di makam keluarga yang sudah meninggal dengan mengirim doa kepada almarhum/ah. Pada umumnya kegiatan ini dilakukan orang pada bulan Sya'ban dan atau pada saat setelah shalat Idul Fitri. Saat ini pada sebagian orang tradisi nyekar setelah shalat Ied sudah mulai ditinggalkan.

Di Paingan, jamaah Masjid Al-Furqon masih melestarikan tradisi nyekar secara berjamaah di Makam Tengah Paingan. Nyekar yang diadakan pada Senin (2/5/2022) setelah shalat Ied itu diikuti seluruh jamaah.

Acara nyekar diawali dengan mengirim doa tahlil kepada Alm. Mbah Putu kakung putri. Mbah Putu adalah merupakan leluhur yang pertama kali dimakamkan di Makam Tengah. Setelah  selesai doa bersama,  jamaah melanjutkan ziarah ke makam keluarga masing-masing.

Tradisi ini rutin dilaksanakan karena sebagai bentuk rasa hormat kepada Mbah Putu sebagai orang pertama (cikal bakal)terbentuknya tempat pemakaman umum. Setelah Mbah Putu, tempat tersebut kemudian dijadikan tempat pemakaman umum warga Paingan. Kini tempat pemakaman tersebut diberi nama Makam Tengah.