Gapoktan Sendangsari Ikuti Pelatihan Tematik dan Sosialisasi Kewaspadaan PMK

20 Mei 2022
Administrator
Dibaca 55 Kali

Sendangsari (20/05/2022) Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kapanewon Pengasih pada Jumat 13 Mei 2022 mengadakan Pelatihan Tematik yang difasilitasi dari Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kulon Progo/ UPT Penyuluhan Pertanian yang  bersumber dari DAK (Dana Alokasi Khusus) dalam rangka Kegiatan Peningkatan Kapasitas Penyuluhan Kapanewon.

Menurut informasi yang diambil dari Website resmi Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kulon Progo Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk mewujudkan sumber daya manusia pertanian yang profesional, mandiri, berdaya saing dan wirausaha.

Pelatihan Tematik ini dimulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 15.00 dengan jumlah peserta 35 orang,yang diikuti oleh semua penyuluh swadaya,unsur gapoktan, Kelompok Tani, Kelompok Wanita Tani, unsur petani milenial dan perwakilan dari kelompok tani yang mendapatkan hibah bantuan ternak.

Adapun materi dalam pelatihan tematik ini diantaranya yaitu : Kebijakan pembangunan pertanian di Kapanewon Pengasih, Kewaspadaan PMK (Penyakit Mulut dan Kuku), IP400, Pengendalian Hama Penyakit pada Tanaman,GerPaksi (Gerakan Pakan Fermentasi) dan Dinamika Kelompok.  Narasumber dari Pelatihan Tematik ini dari Tim Penyuluh BPP Pengasih, POPT dan Puskeswan Pengasih.

Para peserta pelatihan ini merasakan bahwa pelatihan tematik ini sangat bermanfaat bagi mereka dan harapannya agar pelatihan ini bisa diadakan setahun sekali atau bahkan setahun 2 kali. Dan untuk rencana tindak lanjut bahwa peserta pelatihan ini akan menyebarluaskan  ke kelompok atau masyarakat petani terkait dengan ilmu yang diperoleh pada saat pelatihan.

Sumber