Pelatihan Rehabilitasi Sosial Kesehatan Jiwa Berbasis Masyarakat

28 April 2022
Administrator
Dibaca 38 Kali

Sendangsari (28/04/22)- Tim Pelaksana Kesehatan Jiwa Masyarakat (TPKJM) Kalurahan Sendangsari yang didalamnya ada Perangkat Kalurahan mengikuti Pelatihan Rehabilitasi Sosial Kesehatan Jiwa Berbasis Masyarakat Bagi Perangkat Kalurahan dan Kader Kesehatan Jiwa pada hari Rabu, 27 April 2022 di Aula Kalurahan Sendangsari. Sejumlah 40 peserta dari perwakilan Perangkat Kalurahan dari 7 Kalurahan yang ada di Kapanewon Pengasih, Babin, BHabinkamtibmas se Kapanewon Pengasih.

Acara yang diadakan YAKKUM Yogayakarta tersebut berlangsung 3 sesi yang meliputi, Deteksi Dini Kesehatan Jiwa Masyarakat, Rehabilitasi Sosial bagi ODGJ, serta pendampingan yang dilaksanakan oleh YAKKUM selama ini di 4 Kabipaten dan 1 Kota yaitu di Kota Yogyakarta, Sleman, Gunung Kidul, Bantul, dan Kulon Progo.

Sebenarnya dalam rangka koordinasi penanganan pasien jiwa di Kalurahan Sendangsari selama ini sudah melalu TPKJM Kalurahan Sendangsari dengan Puskesmas Pengasih 1. Pada Tahun 2021 dan 2022 Sendangsari telah berhasil menangani maslah-masalah yang terjadi karena ODGJ dan selama ini koordinasi dengan intasi terkait sudah berjalan dengan baik.

Dari Pelatihan ini menghasilkan beberapa kesimpulan penting terkait program kerja TPKJM Kalurahan Sendangsari, yang tahun ini ada Pendampingan dari YAKKUM.