Danarta Sendangsari Ikuti Lomba Generasi KBA (Kampung Berseri Astra)

13 April 2022
Administrator
Dibaca 49 Kali

Sugiyanto yang juga merupakan Danarta Kalurahan Sendangsari mengikuti lomba Generasi KBA(Kampung Berseri Astra) yang diselenggarakan oleh Kementrian Lingkungan Hidup bersama PT Astra Internasional Tbk. Beliau merupakan salah satu nominator Best Practice Penggiat Lingkungan perwakilan dari Yogyakarta.

Dari 7 kandidat se-Indonesia, Bapak Sugiyanto merupakan salah satu nominator yang dipilih untuk melakukan pengambilan video. Pengambilan video yang dilaksanakan pada Sabtu, 9 April 2022 itu bertempat di kediaman Bapak Sugiyanto sendiri.

Selain perkenalan, Bapak Sugiyanto menyampaikan alasan mengikuti lomba, serta inovasi yang diajukan dalam lomba tersebut hingga akhirnya mampu masuk nominasi juara nasional.

Inovasi yang beliau ajukan adalah SDSB(satu dusun satu bank sampah) dan BLRL( budaya local ramah lingkungan). Dalam mewujudkan inovasi SDSB, beliau menjadi narasumber diberbagai wilayah untuk dapat menumbuhkan bank sampah. Hasilnya, kini telah banyak bank sampah berdiri di Kulon Progo sehingga ada pendapatan lain dalam setiap rumah tangga. Sampah terpilah akan memiliki nilai jual lebih  jika dibandingkan yang tercampur. Dari sisi kesehatan, tumbuhnya bank sampah mampu mengurangi kasus malaria dan DBD.

Inovasi kedua yang tak kalah menarik ialah BLRL atau budaya local ramah lingkungan. Beliau mengajak masyarakat untuk kembali menggunakan bahan-bahan dari alam sebagai wadah atau pembungkus makanan atau sebagai alas makan. Sejak kemasan plastic mudah didapat, kini orang mulai meninggalkan bahan dari alam seperti daun jati dan daun pohon kelapa yang dapat dianyam menjadi dhekon sebagai pembungkus daging kurban.

Dengan menggunakan daun sebagai pembungkus makanan, sampah plastic akan berkurang. Selain itu, makanan yang dibungkus dengan daun akan lebih awet/tidak mudah basi jika dibandingkan dengan menggunakan plastic. Dari segi ekonomi penggunaan bahan alam akan menghemat anggaran dan dari segi social dapat menumbuhkan semangat gotong royong.

Sebagai penutup, Bapak Sugiyanto menyampaikan motivasi kepada peserta lomba KBA untuk tetap semangat, jangan mengeluh dan jangan bergerak sendiri. Bergeraklah secara berjamaah untuk selalu berbuat kebaikan. Peduli terhadap lingkungan juga merupakan kebaikan dan rahmat Allah SWT sangat dekat dengan orang yang berbuat kebaikan.