Pabrik Rambut Palsu Terbakar, Ribuan Karyawan Panik

26 Januari 2022
Administrator
Dibaca 55 Kali

Sebuah pabrik rambut palsu (Wig) PT. Sun Chang Indonesia (SCI), yang berada di Kalurahan Triharjo Kapanewon Wates, Selasa (25/1/2022) siang terbakar. Kobaran api yang melalap sebuah bangunan tempat penyimpanan genset di pabrik tersebut, menjadikan ribuan karyawan panik, hingga berhamburan keluar lokasi serta menyelamatkan barang berharga miliknya. Meski dalam peristiwa ini tidak menimbulkan korban jiwa, namun kerugian material ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.

Menurut, Edi Haryana, koordinator Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kulonprogo. Sejumlah tim relawan langsung meluncur ke lokasi kejadian pasca adanya laporan dari masyarakat. “kalau secara persis kami belum mengetahui penyebab adanya kejadian itu, tapi begitu ada laporan dari warga, beberapa teman relawan yang sedang piket langsung ke lokasi kebakaran,ikut melakukan pengendalian,” tutur Edi Haryana.

Setidaknya lebih dari 5 unit mobil pemadam kebakaran, baik milik Pemda Kulonprogo, PMI maupun dari luar Kulonprogo, dikerahkan guna menjinakkan kobaran si jago merah, agar tidak makin menjalar ke gedung lainnya. Sedangkan amukan si jago merah makin membesar lantaran adanya tiupan angin kencang saat kejadian. Selain itu, lidah api sempat menyambar bahan bakar solar, hingga kobaran makin membesar. Sejumlah informasi yang berhasil dihimpun di lokasi kejadian, penyebab kebakaran ini diduga diakibatkan adanya konsleting listrik pada genset atau mesin tenaga listrik cadangan, pada saat jam istirahat pabrik tersebut tengah berlangsung. Lebih dari tiga jam, sejumlah relawan gabungan beserta petugas pemadam kebakaran, terus berjuang menjinakkan lalapan si jago merah, agar tidak menjalar ke lokasi lain di pabrik tersebut. (***)

Redaksi : Bisma Bharata