Ciptakan Kemandirian Pangan, KWT Mawar Lestari Susun Strategi melalui Program P2L

07 September 2021
Administrator
Dibaca 42 Kali

Sendangsari-Selasa (07-09-2021). Kelompok Wanita Tani (KWT) Mawar Lestari sebagai kelompok penerima program Pekarangan Pangan Lestari (P2L) terus berupaya dalam mensukseskan kegiatan tersebut. Kegiatan P2L telah di terima dan dilaksanakan sejak bulan April 2021.

P2L merupakan program pemerintah yang dilaksanakan untuk mengusahakan pekarangan menjadi lahan sumber pangan yang berkelanjutan. Dengan keberlanjutan maka akan terus terjaga ketersediaan pangan dan nantinya bisa meningkat ke manfaat lainnya.

Disampaikan oleh Agung  dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Yogyakarta dalam kegiatan Monitoring dan Evaluasi, Senin 06 September 2021, bahwa P2L berorientasi pada kemandirian pangan, kelebihan peningkatan panen diharapkan dapat membantu penghematan bagi anggota kelompok.

"Dengan P2L diharapkan anggota KWT dapat menyediakan kebutuhan pangannya sendiri, sehingga dapat mengurangi pengeluaran rumah tangga" jelas Agung.

"Selain itu P2L merupakan salah satu langkah untuk mengatasi / mengantisipasi gizi buruk dan stunting, harapannya juga dapat meningkatkan pendapatan kelompok" tambahnya.

Ditemui di lokasi demplot KWT, Puji Lestari selaku ketua kelompok menyampaikan untuk mencapai tujuan diterimanya kegiatan P2L akan menyusun strategi sehingga dapat mencapai target pembibitan, penanaman, panen dan paska panen.

Selain melaksanakan kegiatan P2L yang hanya melaksanakan kegiatan berupa penanaman komoditas sayuran, Puji juga terus berupaya mengembangkan pangan lokal yang menjadi inovasi di kelompok maupun lingkungannya. (ye_a)