KWT bersama Tim G2RT ikuti Bimtek Tahap Penumbuhan

29 September 2021
Administrator
Dibaca 48 Kali

Sendangsari-Rabu (29-09-2021). Kelompok Wanita Tani (KWT) se-Sendangsari bersama tim Global Gotong Rotong Tetrapreneur (G2RT) Kalurahan Sendangsari mengikuti Bimtek Tahap Penumbuhan produk unggulan G2RT. Pelatihan dilaksanakan selama 2 hari di Aula Kalurahan Sendangsari.

Senin, 27 September 2021, di hari pertama pelatihan, Dinas Koperasi dan UKM D.I. Yogyakarta menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan program yang dilaksanakan untuk memfasilitasi Desa (Kalurahan) yang menjadi binaaannya dengan menggunakan Dana Keistimewaan.

Pj Lurah Sendangsari, Samsudin membuka bimtek dengan mengucapkan datang kepada seluruh peserta dan narasumber serta memberikan motivasi agar dapat mengikuti program ini kemudian untuk dapat diaplikasikan dalam mengembangkan potensi (unggulan) yang sedang menjadi konsentrasi di Sendangsari.

Disampaikan oleh Puji Lestari, Ketua KWT Mawar Lestari yang juga merupakan tim G2RT Sendangsari. Bimtek dilaksanakan selama 2 hari dengan praktek membuat olahan dari bahan bunga telang. Di hari pertama membuat keripik dan boba telang. Sedangkan di hari ke-2 membuat teh telang. Telang diambil menjadi konsentrasi karena bunga telang mudah tumbuh, mudah perawatan dan dapat panen setiap hari.

“Awalnya kami memiliki 3 pilihan konsentrasi yaitu , garut, sabut kelapa dan telang” jelas Puji Lestari.

“Tetapi Umbi garut bahan baku garut hanya dapat diperoleh di musim kemarau,  sabut kelapa memerlukan proses yang lama dalam proses produksi, jadi kami memilih telang” lanjut Puji Lestari.