KWT MAWAR LESTARI IKUTI SEMARAKKAN SATU TAHUN GEMPAR

30 Juli 2021
Administrator
Dibaca 49 Kali

Sendangsari, Jumat (30-07-2021). Kelompk Wanita Tani (KWT) Mawar Lestari ikut semarakkan satu tahun Gempar. Gempar telah dicanangkan oleh Bupati Kulon Progo 24 Juli 2020 yang lalu dengan mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk memanfaatkan pekarangan untuk ditanami tanaman pangan.

Sebagai tindak lanjut dari Surat Edaran Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kulon Progo sesuai Instruksi Bupati No 5 tahun 2021, di tanggal 23-31 Juli 2021 untuk melakukan penanaman tanaman pangan secara serempak, sore ini Jumat 30 Juli 2021 KWT yang dipimpin oleh Puji Lestari melakukan penanaman serempak baik di lahan demplot maupun di pekarangan anggota. “Di tanggal 23-31 Juli, anggota KWT melakukan kegiatan menanam baik di pekarangan, maupun di demplot” jelas Puji.

Dengan adanya PPKM Darurat Level 4 ini untuk kegiatan penanaman di demplot hanya dihadiri oleh sebagian anggota agar tidak menyebabkan kerumuman. Hadir dalam kegiatan, PPL Sendangsari dan Dukuh Gegunung yang turut serta berpartisipasi dalam kegiatan menanam tanaman pangan tersebut.

Gempar terus digerakkan oleh Dinas terkait melalui KWT dengan tujuan mewujudkan kemandirian pangan melalui pemanfaatan lahan pekarangan secara lebih intensif sehingga menjadi lahan produktif dalam penyediaan pangan dan gizi keluarga.

“Kami menanam tomat, cabe dan terung, selain karena komoditas ini mudah dalam perawatan, juga karena sayuran ini kami gunakan untuk supply BPNT” tutur Puji. Selain menanam komoditas tersebut, Mawar Lestari juga menanam komoditas sayuran yang tingkat panennya cepat seperti bayam, kangkung dan sawi. (red : ye_a)