Melatih Usaha Mandiri Melalui Lapak Ramadhan PIK R Mekar Asri

27 April 2021
Administrator
Dibaca 46 Kali

Sendangsari (27/04/2021) PIK (Pusat Informasi dan Konseling) Remaja jalur masyarakat merupakan kader-kader remaja di Padukuhan maupun Kalurahan untuk memberikan bimbingan dan konseling bagi sebayanya mengenai berbagai permasalahan kehidupan yang dihadapi. Sebagai salah satu pemberdayaan PIK Remaja terkait dalam peningkatan kecakapan hidup atau life skill salah satunya dengan berlatih wirausaha.

Seperti yang dilakukan PIK R Mekar Asri Kampung KB Sendangsari yang terletak di Padukuhan Kroco dari awal bulan puasa ini dari seksi keagamaan dan seksi ekonomi produktif melaksanakan program kerja bakti membersihkan Masjid dan sekitarnya menjelang bulan puasa, membuat serta memasang spanduk ucapan selamat dating bulan Ramadhan di 4 Masjid yang ada di Padukuhan. Sedangkan kegiatan di seksi Ekonomi produktif yaitu dengan membuka lapak es buah dan aneka jajanan di Jalan Pengasih Sermo setiap hari seama bulan puasa. Keuntungan dari jualan itu nantinya akan masuk kas PIK R Mekar Asri.

Dengan menjadwal anggota PIKR secara bergantian setiap harinya untuk menjaga dan bekerjasama menalayani pembeli dalam lapaknya. Diharapkan dari kegiatan ini setiap anggot memiliki ketrampilan melayani, menjual produk yang bisa menjadi bekal hdup dike,udian hari.

Ketua Kampung KB Sendangsari Slamet Supriyono mengatakan, kegiatan kewirausahaan ini bagi PIK Remaja dengan langsung praktek menjadi penjual merupakan terobosan dalam rangka menumbuhkembangkan ekonomi kreatif di Padukuhan. “Kami bisa memetakan potensi anggota yang ada di PIK R Mekar Asri ini yang merupakan inisiatif dari anggota dan pengurusnya”, tandas Slamet. Ia menjelaskan, jiwa kewirausahaan di kalangan remaja perlu dikembangkan agar mereka dapat menemukan peluang usaha yang cocok dengan bakat dan ketrampilannya.

Suwarna Utama selaku Kamituwa Kalurahan Sendangsari memberikan apresiasi terhadap PIK Remaja Mekar Asri Padukuhan Kroco yang berminat untuk mengembangkan dan berlatih berwirausaha ini. “Sesedarhana apapun program kerja PIK R, jika memberikan manfaat yang lebih, silahkan dikembangkan” tandasnya.