Sebanyak 68 Kalurahan Laksanakan Pilur September Mendatang

26 April 2021
Administrator
Dibaca 45 Kali

Wates,(kulonprogo.sorot.co)--Sebanyak 68 kalurahan di Kulon Progo bakal melaksanakan pemilihan lurah (pilur) secara serentak pada 12 September 2021 mendatang. Saat ini, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPMD Dalduk dan KB) Kulon Progo saat ini tengah melakukan harmonisasi regulasi pelaksanaan pilur.

Kepala DPMD Dalduk dan KB Kulon Progo, Sudarmanto mengatakan, dari 68 kalurahan yang akan melaksanakan pilur, 35 lurah diantaranya telah menyelesaikan masa jabatannya. Mereka mengakhiri jabatannya setelah menjabat selama lima tahun sejak pemilihan kepala desa 2015 silam.

Disebut oleh Sudarmanto, harmonisasi regulasi pilur serentak dilakukan untuk menyesuaikan dengan kondisi saat ini. Seperti diketahui, Indonesia masih berada dalam status pandemi Covid-19 sejak 2020 lalu. 

Ada beberapa tahapan yang harus disesuaikan dengan prokes, semisal pelaksanaan kampanye dan waktu pemilihan suara. Adapun, waktu pemilihan suara direncanakan pada tanggal 12 September 2021.

Pihaknya, lanjut Sudarmanto, juga berkoordinasi dengan sejumlah instansi terkait untuk memastikan pelaksanaan pilur serentak tak menimbulkan klaster baru penularan Covid-19. Penerapan protokol kesehatan menjadi salah satu aspek penting yang selalu ditekankan dalam harmonisasi regulasi pilur serentak kali ini.(bambang-jati)

sumber : kulonprogo.sorot.co