9 Siswa di Kulon Progo Positif Covid, Salah Satu Warga Sendangsari

12 November 2021
Administrator
Dibaca 0 Kali

Sendangsari (11/11/2021) Sebanyak sembilan siswa di sebuah Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kulon Progo dinyatakan terkonfirmasi. Salah satu siswa yang dinyatakan positif berasal dari Kalurahan Sendangsari Kapanewon Pengasih Kabupaten Kulon Progo.

Mengutip laman berita tribun Jogja, temuan kasus positif di lingkungan sekolah tersebut didapatkan setelah satuan tugas (satgas) Covid 19 melakukan pengamabilan sampel menggunakan Swab polymerase Chain Reaction (PCR) secara acak.

Juru Bicara Penanganan Covid-19 Kabupaten Kulon Progo Baning Rahayujati, saat konferensi pers dengan awak media di Aula Dinkes setempat, Rabu (10/11/2021) menuturkan bahwa pengambilan sampel dilakukan secara random yang menyasar tiga sekolah dengan total sasaran 154 siswa. Terdiri dari 34 siswa SD yang ada di Temon dan hasilnya semua negatif. Kemudian 33 siswa SD di Kalibawang namun hasilnya belum keluar. Serta 87 siswa SMA di Wates dan didapatkan sembilan positif.

Meski positif Covid-19, kesembilan siswa itu termasuk orang tanpa gejala (OTG). Saat ini, mereka sudah menjalani isolasi mandiri.

Dinas Kesehatan (Dinkes) bersama Balai Pendidikan Menengah (Dikmen) sudah berkoordinasi dengan sekolah yang bersangkutan untuk sepakat menghentikan sementara proses pembelajaran tatap muka (PTM) selama 15 hari ke depan.

Dengan demikian, selama kurun waktu tersebut proses pembelajaran dilakukan secara online. Sedangkan, PTM di sekolah yang lain tetap dilangsungkan.