Upaya Pencegahan Penurunan Stunting melalui Penguatan KAS

01 November 2021
Administrator
Dibaca 41 Kali

Sendangsari-Senin (01-11-2021). Kampung Anak Sejahtera (KAS) adalah suatu tempat terdapatnya beberapa rumah atau keluarga yang bertempat tinggal disana yang berada di wilayah administrasi terkecil di bawah kecamatan yang menjamin adanya suatu tata kehidupan dan penghidupan yang pertumbuhan dan perkembangannya terjaga dalam kondisi baik, berpihak pada kepentingan dan hak-hak anak, serta wajar, baik secara fisik, psikologis, spiritual dan social.

KAS di Kalurahan Sendangsari telah terbentuk 2 tahun yang lalu. KAS terbentuk sebagai salah satu upaya dalam pencegahan penurunan stunting. Untuk meningkatkan kualitas KAS diadakan Sosialisasi Penguatan KAS kepada relawan. Sosialisasi dilaksanakan Jumat 28 Oktober 2021 bertempat di Aula Kalurahan Sendangsari.

Sosialisasi yang berkaitan dengan pengasuhan, gizi atau kesehatan diselenggarakan oleh Deputi Bidang Pemenuhan Hak Anak. Dalam paparannya, Sugeng Wiyono, SKM.M.Kes, Narasumber Pusat (DPP Persagi) menyampaikan sasaran KAS diantaranya anak pada 1000 HPK, balita, ibu hamil dan menyusui, orang tua dan pengasuh, kader PKK, Kader Posyandu, Kader PAUD, dan masyarakat yang bersangkutan.

Indikator keberhasilan umum dari KAS diantaranya :

Sosialisasi diikuti oleh Perangkat Desa, Kader Posyandu, Perwakilan Puskesmas, Ketua TP PKK, PLKB, Relawan KAS, Forum Anak, Perwakilan KUA, Babinsa dan  Bhabinkamtibmas.