PKK Sendangsari, Wakili Kapanewon Pengasih Ikuti Lomba Aku Hatinya PKK

28 Oktober 2021
Administrator
Dibaca 40 Kali

Sendangsari-Kamis (27-10-2021). Tim Penggerak PKK Kalurahan Sendangsari (TP PKK) mewakili Kapanewon Pengasih mengikuti lomba Aku Hatinya PKK. Lomba diselenggarakan oleh Pokja 3 TP PKK Kabupaten.

PKK Kalurahan Sendangsari terdiri dari 10 PKK Padukuhan, 24 PKK RW, 47 PKK RT dan 113 PKK Dasawisma. Aku hatinya PKK merupakan gerakan masyarakat untuk memanfaatkan halaman rumah dengan tanaman produktif dan tanaman hias yang  menjadikan halaman asri, teratur, indah dan nyaman.

Tujuan dari kegiatan ini diharapkan mampu menciptakan halaman yang tertata, asri, nyaman serta meningkatkan ketahanan pangan bagi keluarga dan lingkungan sekitar. Kegiatan yang dilakukan dengan memanfaatkan halaman, pekarangan dan lingkungan rumah untuk warung hidup, apotik hidup, lumbung hidup dan perikanan serta peternakan.

Selain kegiatan tersebut, hatinya PKK juga melakukan kegiatan inovasi yakni dengan membuat olahan pangan sesuai dengan potensi yang ada di PKK Padukuhan diantaranya keripik bunga pisng, sirup alang-alang, teh bunga telang, keripik bunga telang serta olahan minuman tradisional dan umbi-umbian.

Usaha yang dilakukan oleh PKK dalam mewujudkan hatinya PKK adalah menjalin kerjasama dengan lintas sektor yaitu Pemerintah Kalurahan, Kapanewon, Kelompok Tani, Kelompok Tani Wanita (KWT), Pokdakan, Puskesmas, Dinas Pertanian dan Dinas terkait.

Untuk penilaian Tim Juri mengunjungi lokasi pekarangan sampel dari 7 Padukuhan dan sampel rumah sehat di Padukuhan Gegunung dengan didampingi Pokja 3 TP PKK Kapanewon dan Kalurahan.