Penerapan Sistem Informasi Desa Dalam Pelayanan di Desa Sendangsari

21 Agustus 2019
Administrator
Dibaca 37 Kali

Demi peningkatan pelayanan kepada masyarakat, pemerintah Desa Sendangsari melaksanakan kegiatan peningkatan kapasitas aparatur desa dan BPD tahun 2019.

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Rabu, 21 Agustus 2019 di Aula Balai Desa Sendangsari yang dihadiri seluruh perangkat Desa Sendangsari dan BPD. Sebagai narasumber hadir dari Kecamatan Ibu Ir. Aspiyah, Msi dan juga dari Dinas Kominfo Kabupaten Kulon Progo.

Pada kegiatan ini narasumber Ir. Aspiyah, M.Si menjelaskan pentingnya pelayanan masyarakat menggunakan fasilitas yang ada di Sistem Informasi Desa (SID) , dalam SID mempermudah dalam pencarian data baik untuk pembuatan surat menyurat ataupun pelayanan yang terkait dengan kependuduk. Camat Pengasih juga menjelaskan pentingnya sinergitas antara Pemerintah Daerah dan Pemerintah Desa dalam hal regulasi yang dijadikan payung hukum untuk pengembangan sistem informasi tersebut.

Sedangkan narasumber dari Dinas Kominfo Kab. Kulonprogo menuturkan bahwasannya pihak kominfo terus mengembangkan program tersebut dengan pihak-pihak terkait untuk terwujudnya penyediaan fasilitas dan konten yang diperlukan untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Dijelaskan juga bahwa SID juga dapat digunakan sebagai pemenuhan informasi kepada masyarakat, karena didalamnya menyediakan artikel dan berita-berita desa. Masyarakat dapat mengakses langsung layanan Website Desa dan mendapatkan fitur dan informasi yang diinginkan. (gets)

Â