Pelatihan Manajemen Untuk Pengembangan UMKM Sendangsari

01 September 2024
Admin
Dibaca 24 Kali
Pelatihan Manajemen Untuk Pengembangan UMKM Sendangsari

Sendangsari- Sabtu, (31/08) pelaku UMKM Sendangsari mengikuti Pelatihan Manajemen Strategi, Pemasaran Digital, dan Pengembangan Produk UMKM yang diselenggarakan di Gedung Field Research Center, Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada (UGM), yang terletak di tengah kota Wates Kulon Progo.

Kegiatan ini dihadiri oleh 30 peserta yang merupakan pelaku UMKM dari Kalurahan Sendangsari, BUMDES, Pemerintah Kalurahan Sendangsari, dan perwakilan karang taruna yang berkomitmen untuk meningkatkan kemampuan dan daya saing bisnis di Sendangsari khususnya.

Pelatihan tersebut dibagi menjadi dua sesi yang berlangsung di dua ruangan berbeda, yakni di Conference Room dan Ruang 304. Materi yang disampaikan mencakup manajemen strategi untuk mengoptimalkan pengelolaan usaha, pemasaran digital yang bertujuan untuk memperluas jangkauan pasar secara online, serta pengembangan produk agar dapat lebih bersaing di pasaran yang semakin kompetitif . Materi disampaikan oleh dua narasumber yakni Primastuti Satrianto, pemilik usaha Daster Cantik Manda dan Mohammad Genta Mahardhika, MBA S.E. yang merupakan Pembicara bisnis sekaligus Dosen di Universitas Gajah Mada (UGM).

Antusias para peserta dalam mengikuti setiap sesi terlihat dari interaksi yang aktif antara peserta dan pemateri. Mereka juga diberikan kesempatan untuk berkonsultasi langsung mengenai permasalahan yang dihadapi dalam menjalankan usaha mereka sehari-hari.

Tidak hanya itu, dalam pelatihan ini juga dilakukan praktik foto produk agar mendapatkan hasil foto produk yang menarik dan berkualitas, yang harapannya dapat meningkatkan penjualan.

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya pemberdayaan masyarakat yang dilaksanakan di tahun ke 2 kerjasama dengan UGM dalam rangka mendukung pertumbuhan ekonomi lokal dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan UMKM.

“Terima kasih saya ucapkan kepada UGM yang telah memberikan edukasi, dan pelatihan yang telah dilakukan selama 2 tahun ini. Semoga dengan dilaksanakan pelatihan ini, dapat meningkatkann keterampilan digital marketing, sehingga dapat meningkatkan perekonomian sektor UMKM.” ujar suhardi dalam sambutannya.

Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan para pelaku UMKM di Sendangsari mampu mengembangkan usahanya dengan lebih efektif dan efisien, serta siap menghadapi tantangan bisnis di era digital yang berlangsung saat ini.